Wapres: Aksi 112 Digelar di Masjid Istiqlal Jadi Solusi Terbaik

INFONAWACITA.COM – Keputusan untuk menggelar Aksi 112 di Masjid Istiqlal, Sabtu (11/2), adalah solusi terbaik yang muncul dari kesepakatan antara Forum Umat Islam (FUI) dan pemerintah.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (10/2). “Itu kan sudah jelas pemerintah tidak memberi izin dalam situasi tenang ini untuk ada suatu aksi di jalan, tapi kalau itu doa dan istighosah ya silakan saja. Ini jalan tengah yang baik,” ujar Wapres.

Ditegaskan kembali oleh Wapres, pemerintah tegas melarang semua aksi massa saat masa tenang Pilkada dari tanggal 12-14 Februari ini. Jika FUI berkeras mengadakan aksi dalam bentuk pengajian dan doa bersama, harus patuh pada aturan pihak kepolisian. “Nanti pemerintah atau polisi dianggap melarang. Kalau hanya mau ibadah, ya tidak apa-apalah, semua orang boleh berdoa,” lanjut Wapres.

Sebelumnya, Kamis (9/2) malam, Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, yang juga tergabung dalam FUI, melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang menghasilkan kesepakatan bahwa aksi hanya akan dilakukan di lingkungan Masjid Istiqlal. Rizieq membatalkan aksi pengerahan massa yang rencananya dimulai dari Monumen Nasional menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.(AR)