Walikota Bontang: Berkat Komitmen Pak Jokowi Harapan Itu Dapat Terwujud

(foto: tribunkaltim.co/ichwal setiawan)

INFONAWACITA.COM – Walikota Bontang Neni Moerniaeny mengapresiasi kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Apresiasinya ini lantaran pemerintahan Jokowi dianggap telah serius menjadikan kota Bontang sebagai “City Gas” di tahun 2020 kedepan.

Hal tersebut Neni ungkapkan saat menerima Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam peresmian 4.695 Sambungan Rumah (SR) jaringan gas rumah tangga di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (16/2/2019).

“Saya ingin perjuangkan insya Allah Bontang tahun 2020 bisa dideklarasikan sebagai City Gas, semuanya teraliri gas, kita melihat api atau asap PT Badak setiap hari masa kita susah cari LPG 3 kg, tapi berkat komitmen dari bapak Jokowi harapan itu dapat terwujud,” ungkap Neni seperti termuat dalam keterangan resmi.

Bukan tanpa alasan Neni berbicara seperti itu. Pasalnya Bontang kini merupakan Kota penghasil gas yang cukup besar dengan infrastruktur gas relatif sudah memadai karena dari 15 kelurahan yang ada tinggal 1 kelurahan saja yang belum ada infrastruktur jaringan gas kota.

Menuju City Gas

Menteri ESDM Ignasius Jonan pun mendukung penuh harapan masyarakat dan Pemerintah Dearah Bontang untuk mewujudkan Kota Bontang menjadi “City Gas”, dimana seluruh masyarkatnya sudah menggunakan bahan bakar gas untuk kebutuhan sehari-harinya.

“Program city gas itu sudah ada tiga yang sudah jalan, yang pertama Prabumulih, yang kedua Tarakan dan yang ketiga Bontang. Di Kalimantan Timur banyak gas nya, masak tidak bisa buat city gas,” ungkap Jonan.

Usulan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dan Bontang itu menurut Jonan sangat mungkin untuk direalisasikan mengingat Kota Bontang memiliki sumber gas yang cukup besar, tinggal melengkapinya dengan pipa distribusi untuk mengalirkannya ke masyarakat.

“Jika Pemerintah Kalimantan Timur mengusulkan jaringan gas kota, selama ada pipa transmisinya maka itu akan cepat direalisakan karena Pemerintah mengoptimalkan potensi sumber daya alam setempat sesuai dengan harapan Presiden Republik Indonesia yang akan dituangkan dalam Peraturan Presiden, dan jika sudah disetujui inshaa Allah keinginan menjadikan Bontang sebagai city gas dapat terwujud,” jelas Jonan.

Meski demikian Jonan menegaskan, pentingnya sinergi dari Pemerintah Daerah, DPR dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan program jaringan gas kota untuk memberikan akses energi yang lebih murah dan bersih bagi masyarakat.