Wakili Presiden, Menaker Serahkan 3.000 Sertifikat di Sulsel

Menaker M Hanif Dhakiri menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada 3.000 warga di Sulsel.(Foto: naker.go.id)

INFONAWACITA.COM – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M Hanif Dhakiri, Kamis (28/12), menyerahkan sertifikat tanah secara serentak untuk warga di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Menaker yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyerahkan 3.000 dari 63.926 sertifikat.

Menurut Menteri Hanif, penyerahan sertifikat tersebut merupakan bentuk pembuktian hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat, dan pahamnya pemerintah atas kebutuhan tanah oleh rakyatnya. Diharapkan sertifikat tanah ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang ingin membuka usaha seperti usaha kelontong, warung dan sebagainya.

“Atau membuka lahan perkebunan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya cabai, dan sayur mayur, “ kata Menteri Hanif, dikutip dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis.

Ditambahkan Menteri Hanif, penyerahan sertifikat di Palu merupakan pembagian terakhir sertifikat di tahun 2017. Total 1.080.000 yang dibagikan dalam acara penyerahan kali ini dari 5 juta yang ditargetkan. Untuk tahun 2017 sendiri, secara riil ada 4,2 juta sertifikat.

“Ada satu juta delapan puluh ribu dari 5 juta yang ditargetkan, yang diserahkan total ada 4,2 juta,” kata Menteri Hanif.

Selain di Palu, penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat juga dilakukan di kota Makassar (Sulsel), Pontianak (Kalbar), Bandarlampung (Lampung), Jambi, Surabaya (Jawa Timur), dan Palembang (Sumatera Selatan). Di tujuh provinsi tersebut, total sertifikat tanah yang diberikan kepada rakyat sebanyak 1.082.950 sertifikat.

Presiden dalam pesannya yang dibacakan oleh Menteri Hanif Dhakiri, kepada para penerima sertifikat untuk menyimpan sertifikatnya dengan baik di tempat yang aman. Jika akan diagunkan, harus dikalkukasi dengan benar dan hanya digunakan untuk meningkatkan modal usaha.(AR/*)