Wajib Tahu, Ini 5 Makanan Baik untuk Maksimalkan Kerja Otak

Daging salmon salah satu makanan yang dapat memaksimalkan kinerja otak

INFONAWACITA.COM – Asupan makanan adalah hal yang penting untuk diperhatikan, dengan asupan yang baik otomatis kinerja tubuh juga akan semakin baik. Sama halnya dengan kinerja otak, ternyata ada beberapa makanan yang bisa memaksimalkan kinerjanya. Berikut ini lima makanan rekomendasi yang mampu meningkatkan kinerja otak.

1. Ikan

Ilustrasi daging salmon

Konsumsi ikan seperti makarel, tuna dan salmon baik untuk otak. Ikan-ikan ini kaya akan omega 3 termasuk docosahexaenoic acid alias DHA.

Seperti yang dikutip dari Times of India, omega 3 dapat mengurangi inflamasi, meningkatkan kemampuan kognitif, perasaan dan kesehatan kardiovaskular. Minyak ikan diketahui dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Di sisi lain, menggeser daging merah dengan ikan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi daging merah bisa menimbulkan risiko penumpukan lemak pada arteri.

2. Teh

Ilustrasi peminum teh (foto: hallosehat)

Ada beberapa pilihan jenis teh yang baik untuk otak. Dilansir dari Medical News Today, teh pepermint dapat meningkatkan kemampuan ingatan terutama ingatan jangka panjang.

Sedangkan teh hijau atau teh matcha mengandung L-theanine yang mampu menenangkan sekaligus menurunkan kecemasan, meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Alpukat

Pilihan buah yang baik untuk meningkatkan kerja otak adalah alpukat. Buah ini kaya akan vitamin E. Sebuah riset menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E berhubungan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer.

4. Cokelat

Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.com pada Rabu (11/4/2018) camilan satu ini memang diketahui memiliki banyak manfaat. Ia dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan memproses informasi visual.

Cokelat juga mampu melawan gangguan tidur yang berasosiasi dengan merosotnya kemampuan kognitif. Pilih cokelat dengan kadar kokoa tinggi untuk menghindari konsumsi gula berlebih.

5. Kacang dan selai kacang
Ilustrasi kacang

Kacang dan selai kacang memang kaya akan lemak, tetapi lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu mereka juga mengandung vitamin E.

“Ada beberapa riset yang bagus bahwa diet yang kaya akan lemak sehat, dan kaya gandum utuh, sayuran hijau dan kacang, baik untuk otak dan jantung,” kata Maria C. Carrillo dari Alzheimer’s Association di Chicago. (cnn/RA/yi)