Wajah SMK Kini, dari Beauty Vlogger hingga Fashion Designer

SMK NU Banat ciptakan desainer-desainer muda (foto: twitter @diskominfokudus)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang gencar-gencarnya meningkatkan kualitas sekolah vokasi di seluruh Indonesia.

Sekolah vokasi dipercaya bisa membentuk SDM Indonesia menjadi SDM unggulan dan kreatif dalam menghadapi era ekonomi global. Salah satu daerah yang tengah gencar-gencarnya menjalankan misi tersebut ialah Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Sekolah-sekolah kejuruan di wilayah tersebut dapat dibilang memiliki kejuruan yang tidak biasa dengan sekolah-sekolah kejuruan lainnya. Mulai dari kejuruan kuliner, kejuruan fashion hingga kejuruan Animasi dan Salon.

Bupati Kudus, Riena Retnaningrum pun giat memantau perkembangan sekolah-sekolah kejuruan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari akun twitter @dinaskominfokudus. Pada akun tersebut dibagikan bagaimana kerennya sekolah-sekolah kejuruan yang ada di Kudus.

Contohnya SMK NU Banat Kudus. Sekolah Menengah Kejuruan ini merupakan sekolah fashion unggulan yg ada di kabupaten Kudus. Lewat brand fashion mereka, Zelmira, SMK Banat pernah memperoleh penghargaan nasional & internasional ; Muslim Fashion Festival, Asia’s Fashion Spotlight di Hongkong dan Sakura Collection Asia di Jepang. Karya-karya siswi di SMK ini juga menampilkan sisi tradisional Keislaman Kudus dengan gaya kekinian.

Pada foto yang dibagikan tampak baju-baju tersebut sekelas dengan baju-baju yang dikeluarkan oleh  perancang-perancang busana muslim kelas dunia.

Selain itu ada juga SMK Raden Umar Said. Sekolah Kejuruan tersebut merupakan Sekolah animasi di Kudus yang memiliki peralatan spesifikasi komputer serupa rumah produksi film di Hollywood. “Dari sekolah ini siswa-siswa dpat menghasilkan karya yaitu film 3D yg berjudul Pasoa dan Sang Pemberani yang pernah di rilis di Jakarta th 2017,” cuit akun twitter milik Pemda Kudus.

Siapkan Tenaga Profesional

Bukan hanya itu, bahkan Kudus memiliki SMK dengan jurusan Beauty & Spa, Makeup dan Modelling. Jurusan tersebut merupakan jurusan unggulan SMK PGRI 1 Kudus. “Di sini siswa-siswi diajari dan disiapkan menjadi tenaga pelaksana yang profesional di bidang tata kecantikan, modelling maupun fashion,” tulis akun twitter itu lagi.

Ada juga Sekolah Kuliner Dapur Nusantara yang terdapat di SMKN1 Kudus. SMK ini merupakan salah satu sekolah unggulan yang dimiliki Kabupaten Kudus.

Melalui jurusan-jurusan tersebut Indonesia pun tentunya akan semakin optimistis untuk bisa melewati rintangan Revolusi Industri 4.0. Ke depannya SDM bukan hanya menjadi pekerja kantoran saja, melainkan bisa menjadi kalangan profesional mulai dari Beuaty Vlogger hingga Fashion Designer. (DS/yi)