Upaya Menteri Susi Berhasil, Indonesia Ekspor 8,9 Ribu Ton Ikan ke Seluruh Dunia

MKP, Susi Pudjiastuti menyampaikan pemaparan pada Konferensi Pers tentang Rumput Laut dan Pakan Ikan di kantor KKP, Jumat (9/10). (kkp.go.id)

INFONAWACITA.COM – Upaya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam memberantas pencurian ikan mulai terlihat hasilnya. Kini Indonesia berhasil mengekspor 8,9 ribu ton ikan ke 21 negara di seluruh dunia.

Hal tersebut diungkapkan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan Tuna dalam akun twitter @Riset_Denpasar pada Jumat (19/7/2019).

“Dalam rangka #bulanbaktiKIPM2019,
@kkpgoid ekspor 8,9 ribu ton hasil perikanan serentak di lima pelabuhan. Potensi kelautan Indonesia memang luar biasa! #EksporRayaKKP” cuit akun tersebut yang kemudian di retweet oleh akun twitter Menteri Susi Pudjiastuti.

 

Dijelaskan ekspor raya tersebut mengirimkan 394 kontainer produk perikanan dengan total 8.938,76 ton senilai 588,79 miliar rupiah.

“Produk perikanan tersebut akan dikirim ke 21 negara,” ungkap akun tersebut.

Negara-negara tujuan ekspor tersebut antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan hingga negara-negara Uni Eropa.

Ekspor raya ini bukan tanpa sebab. Ribuan ton ikan yang di ekspor merupakan dampak nyata dari komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memberantas pencurian ikan di laut Indonesia.

“Keseriusan @kkpgoid dalam memerangi IUU Fishing memberikan dampak positif terhadap stok ikan nasional, hal ini pun mendorong peningkatan ekspor perikanan. Tren ekspor produk perikanan Indonesia (2015-2018) meningkat 45,9%!” masih penjelasan akun tersebut.