Untuk Kereta Kencana, Jokowi Minta Dicarikan Kuda Jinak

Salah satu kereta kencana yang akan digunakan dalam kirab pernikahan Kahiyang Ayu. (Foto: tribunnews.com)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memesan kuda yang jinak dan tidak nakal untuk menarik kereta kencana dalam pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, yang akan digelar tanggal 8 November mendatang.

Hal ini disampaikan Jokowi kepada Mujiono, Senin (6/11), warga Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo, yang akan menjadi kusir kereta kencana mempelai perempuan,

“Bapak Jokowi tidak minta kuda yang istimewa, tetapi sederhana saja, yang penting jinak dan tidak rewel,” kata Mujiono.

Ditambahkan Mujiono, sesuai pesanan ada delapan kereta kencana dengan ditarik sebanyak 16 ekor kuda. Setiap kereta kencana akan ditarik dua ekor kuda rata-rata usianya antara lima hingga enam tahun.

Mujiono mengatakan kereta kencana yang akan dikemudikan untuk mempelai perempuan Kahiyang Ayu, dengan ditarik dua ekor kuda betina, namanya Agustin dan Srikandi.

“Saya bangga dipercaya pak Presiden Jokowi. Saya mendapat pesanan beliau sejak menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Kemudian Gubernur DKI Jakarta, dan sekarang Presiden RI,” kata Mujiono, usai melakukan gladi bersih di Grha Saba Buwana Solo.

Menurut dia, setiap Pak Jokowi mempunyai hajatan selalu memanggil dirinya meminta mencarikan kuda untuk kereta kencana. “Hal ini, terus terang saja sebuah anugerah bagi saya,” kata Mujiono.

Menurut dia, kuda bersama perlengkapannya sudah disiapkan sejak seminggu yang lalu, dan kini sudah siap semuanya tinggal pelaksanaan sesuai waktu yang dijadwalkan. “Saya nanti menjadi kusir kereta kencana yang ditumpangi mbak Kahiyang Ayu,” kata Mujiono.

Menurut dia, kereta kencana sebelum dinaiki sudah diperiksa terlebih dahulu oleh aparat keamanan, termasuk soal kesehatan kusirnya. Kuda ini, memang khusus untuk menarik kereta kencana, sehingga tidak terlalu nakal.

Mujiono mengaku diminta datang pada acara ijab kabul di rumah kediaman Presiden, pada Rabu (8/11), sekitar pukul 05.00 WIB. Mempelai perempuan sebelum mengikuti acara ijab dikirab terlebih dahulu dari rumah menuju Jalan Letjen Suprapto ke selatan ke Jalan Mangun Sakoro ke kiri memutar ke gedung pertemuan baru masuk ke Graha Saba.

“Kereta kencana pada acara resepsi malam hari juga digunakan membawa mempelai menuju Grha Saba Buwana,” katanya.

Pada acara gladi bersih empat kereta kencana yang akan ditumpangi keluarga, Kahiyang Ayu di Graha Saba Buwana, juga dihadiri langsung Presiden Jokowi. Presiden berdiri di pinggir Jalan Letjen Suprapto Sumber atau tidak jauh dari gedung acara resepsi.(AR/ANT)