Ungkap Pembangunan Jalur Jalan Toraja – Mamasa, Warganet Serbu Akun Ini

Presiden Jokowi saat berada di Manado, Sulawesi Utara, 15 November 2017. (Foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Sebagai Presiden ketujuh, Joko Widodo kerap mendapat label sebagai Kepala Negara yang doyan dengan infrastruktur. Mulai dari infrastruktur fisik hingga mental.

Hasilnya, masyarakat mulai merasakan perubahan yang memang terasa. Meski harus diakui, masyarakat mesti mendorong terus percepatan proyek-proyek lainnya.

Sebut saja yang dirasakan oleh perwakilan masyarakat dari tanah Toraja ini. Meski tak disebutkan namanya, masyarakat memberikan testimoninya kepada akun facebook Mak Lambe Turah. Khususnya terkait dengan pergantian wajah yang terasa atas pembangunan infrastruktur jalan oleh pemerintah.

Pembangunan jalan dari dan ke Toraja menunju Mamasa yang kini bisa ditempuh kurang lebih selama 3 jam saja. Sebelumnya, jalur ini mesti ditempuh selama kurang lebih 11 jam. (Foto: Facebook/Mak Lambe Turah)

“Ini jalanan ke Toraja dari Mamasa. Dulu kalo mau lancar ke Toraja lewat polewali, Pinrang, Sidrap, Enrekang, baru Toraja. Selama 11 jam!,” demikian seperti dikutip dari akun Mak Lambe Turah pada Jumat, (12/01).

“Tapi sekarang, dari Mamasa ke Toraja, cukup 3 jam!” lanjutnya.

“Memang belum rampung semua karena ini proyek multi year dan 2018 harus rampung,” tambahnya.

Pembangunan jalan dari dan ke Toraja menunju Mamasa yang kini bisa ditempuh kurang lebih selama 3 jam saja. Sebelumnya, jalur ini mesti ditempuh selama kurang lebih 11 jam. (Foto: Facebook/Mak Lambe Turah)
Tanggapan Warganet

Mengetahui hal itu, segera saja warganet ramai-ramai mengomentari. Bukan itu saja, bahkan masyarakat di wilayah tersebut juga memberikan testimoni mereka terkait fakta tersebut.

“Iya, memang dulu kalau dari Tana Toraja ke Mamasa harus memutar dulu ke arah Pinrang. Tapi sekarang, wow! Jalur potong kompas. Mantap. Salam 2 periode. Uhuy,” papar pemilik akun Wira D. Timang.

“Iya benar. Saya kalo liburan ke Luwu Utara, Masamba, biasanya lewat Tana Toraja. Sekalian mampir semalam di Makale. Pemandangannya bagus. Tapi perjalannya panjang karena musti melewati beberapa kabupaten. Utamanya Enrekang dan Sidrap. Kalau berangkat dari Makassar jam 8 pagi biasanya sampai di Masamba jam 8 malam. Nah itu baru tujuan Masamba. Kalau lanjut ke Mamasa, lebih lama lagi. Salut buat pak Jokowi,” jelas pemilik akun Irmawaty Haraping.

“Iya benar. Dulu ke Toraja dari Makassar, 10 jam baru sampe Palopo. Ditambah 2 jam ke Toraja. Berasa banget dulu gempornya seharian di jalan nemenin suami tugas. Eh, sekarang Toraja jadi lebih dekat,” kata pemilik akun Desy Pitri Ardani

Bukan itu saja, warganet lainnya juga mengunggah foto perbandingan jalan raya itu.

Testimoni warga terkait jalur jalan dari dan ke Tanah Toraja sebelum pembangunan infrastruktur. (Foto: Facebook/Dany Ahmad).

“Bukan mau berlebihan. Dahulu jalanan seperti ini yang harus kami tempuh,” ungkap pemilik akun Dany Ahmad.

“Dari 11 jam dipangkas jadi 3 jam? Apa nggak hemat bahan bakar dan hemat waktu?” tulis pemilik akun Sonya Natalia.

“Kalau sekarang lagi pembangunan kereta api. Katanya rampung 2018. Jadi tambah lebih dekat lagi,” ungkap pemilik akun Jiellsta Bungin.

ujicoba rangkaian KA untuk jalur KA Trans Sulawesi. (Foto: harianamanah.com).
Efek Infrastruktur

“Di pedalaman Toraja juga sudah mulai jalan-jalannya bagus. Sehingga kalau kita berwisata, sudah nyaman. Walaupun belum maksimal, tapi ada niat untuk dimajukan,” kata pemilik akun John Yohanis Sesean.

Pembangunan jalan dari dan ke Toraja menunju Mamasa yang kini bisa ditempuh kurang lebih selama 3 jam saja. Sebelumnya, jalur ini mesti ditempuh selama kurang lebih 11 jam. (Foto: Facebook/Mak Lambe Turah)

“Itulah pemimpin. Sarana dan prasarana dibenahi dulu untuk jangka panjang. Memang, sih, sekarang belum kelihatan hasilnya secara ekonomi. Tapi nanti ke depan akan terlihat hasil yang maksimal,” papar pemilik akun Sukartono.

Pantauan Infonawacita, hingga berita ini diturunkan, warganet sudah mengomentari unggahan itu sebanyak 89 komentar. Serta sudah dibagikan sebanyak 143 kali. Sementara sebanyak kurang lebih 1.800 ribu warganet memberikan impresi mereka.