Twitter Tutup Layanan Video Vine

INFONAWACITA.COM – Twitter akhirnya benar-benar menutup layanan video Vine dan mengubahnya menjadi Vine Camera mulai Selasa (17/1) kemarin. Demikian dikutip dari lama Variety.

Rencana Twitter menutup Vine telah diumumkan pada Oktober tahun lalu, menyusul pemangkasan sejumlah pegawai mereka dan menjanjikan kepada para pemodalnya untuk meningkatkan fokus perusahaan.

Sementara itu, aplikasi baru Vine tetap dapat merekam video loop berdurasi 6 detik dan diunggah ke Twitter. Namun, versi baru ini tidak memiliki fitur sosial media seperti sebelumnya. Pihak Twitter memberikan kesempatan para pengguna mengunduh video Vine via aplikasi mobile selama beberapa pekan belakangan, namun kemudian menghapusnya Selasa kemarin waktu setempat.

Vine diluncurkan Twitter pada tahun 2012, dan mengincar posisi sebagai layanan berbagi video. Video pendek berdurasi enam detik memunculkan kreativitas pemakainya, mulai membuat lawak tunggal, video lip sync, dan kreativitas lainnya. Namun dalam perkembangannya, Twitter melakukan penundaan menghasilkan uang dari layanan tersebut, sehingga Vine harus bersaing ketat dengan sosial media lain yang memiliki fitur serupa seperti Instagram, Facebook dan Snapchat.(AR/ANT)