Tujuh PLBN Rampung, Jokowi Minta Masyarakat Tidak Perlu Minder

(Foto: Dok Biro Pers Istana)

INFONAWACITA.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat tidak perlu merasa minder lagi dengan negara lain.

Hal ini lantaran pembangunan 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) telah rampung dibangun pemerintah.

Sambil mengunggah fotonya di salah satu Pos Lintas Batas, Jokowi dalam laman Facebook resminya mengungkapkan jika masyarakat tidak perlu minder lagi.

“Kalau perbatasan tidak dibangun, kita jadi minder. Sekarang tidak boleh minder lagi kita sudah lebih baik,” tulis Jokowi dalam foto yang diunggah Senin (25/9).

Jokowi menjelaskan jika sejak tahun 2015, pemerintah telah membangun tujuh Pos Lintas Batas Negara di Kalimantan, Papua dan Nusa Tenggara Timur, di pintu-pintu perlintasan menuju negara tetangga Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste.

Tumbuhkan Ekonomi Perbatasan

Pembangunan di wilayah perbatasan juga kata Jokowi tidak berhenti hanya pada pembangunan pos lintas batas.

“Bukan hanya pos perbatasannya yang dibangun, tapi juga sarana dan prasarana, jalan-jalan, dan pasar-pasar di sekitar perbatasan itu. Agar ekonomi rakyat di situ, di pinggiran Indonesia, menjadi hidup,” kata Jokowi.

Sebelumnya pada saat meresmikan Pos Lintas Batas di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Maret lalu, Jokowi mengungkapkan jika pembangunan pos lintas batas bukan hanya berfungsi sebagai batas negara.

Namun, pos lintas batas juga dapat menumbuhkan ekonomi di wilayah perbatasan negara.

“Saya hanya ingin titip pos lintas batas negara yang ada di Aruk ini agar betul-betul digunakan masyarakat untuk pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. Jangan hanya sebatas sebagai kantor imigrasi, karantina, dan bea cukai,” kata Jokowi seperti dikutip dari Liputan6.com Jumat (17/3). (DS/HG)