Transportasi Berbasis Rel Indikator Kemajuan Kota

INFONAWACITA.COM – Berkembangnya Kota-kota besar di Indonesia menjadi metropolitan yang sering kali membuat kemacetan di jalan-jalan membutuhkan sarana transportasi berbasis rel.

Karena transportasi berbasis rel menjadi tulang punggung transportasi di kota-kota di negara maju, sebut saja London dan Tokyo. Kedua kota mengandalkan subway atau Mass Rapid Transportation (MRT) sebagai salah satu sarana transportasinya.

“Solusinya membangun sistem transportasi berbasis rel terutama di Jabodetabek” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi, Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Elly Sinaga di Jakarta, Kamis (26/1).

Karena menurut Elly penambahan kapasitas jalan bukan solusi paling efektif karena hanya mengatasi masalah kemacetan jangka pendek.

“Kalau jalanan ditambah, mobilnya juga” katanya.

Lebih lanjut Elly mengatakan salah satu moda transportasi massal yang memenuhi kriteria tersebut adalah moda transportasi berbasis rel dimulai dari kereta api konvensional, kereta api komuter, monorail, light rail transit (LRT), MRT, hingga automated people mover system (APMS). (ANT/HG)