Tol Merak-Surabaya Ditarget Beroperasi 2018

Ilustrasi (foto: mbandung.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah mentargetkan ruas tol Merak-Surabaya bisa beroperasi tahun 2018. Pembangunan ruas tol Merak-Surabaya ini untuk menyambung ruas tol Surabaya-Mojokerto.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengejar pembangunan ruas jalan tol sebagai bagian Tol Merak-Surabaya. Ruas tol tersebut yakni Pejagan-Pemalang untuk seksi Brebes Timur-Pemalang (38 Km) operasi Maret 2018, Pemalang-Batang (39 Km) operasi Juli 2018.

Ada juga ruas Batang-Semarang (75 Km) operasi Mei 2018, Semarang-Solo dari Salatiga-Kertosuro (33 Km) operasi Juli 2018, Solo-Ngawi (90 Km) operasi akhir Januari 2018. Lalu Ngawi-Kertosono (87 Km) dari Ngawi-Nganjuk (50 Km) operasi Januari 2018 dan untuk Saradan-Kertosono (37 Km) operasi Desember 2018.

“Tersambungnya seluruh tol ini ditargetkan menurunkan biaya logistik transportasi, mengurangi kemacetan di jalan arteri. Selain mempersingkat waktu tempuh dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada keterangan tertulisnya, pekan lalu, seperti dikutip kontan.co.id.

Semakin lancar akses antara pusat kota dengan kawasan hinterland akan mendorong munculnya kawasan perumahan baru di luar Surabaya yang akan menjadi kawasan hunian yang lebih tertata.

Selain dampak yang di atas, dampak lain yang terjadi dari adanya pembangunan jalan tol tersebut adalah para investor mulai banyak yang melirik daerah tersebut sebagai tempat pembangunan bagi perusahaan ataupun pabrik-pabrik mereka.(AR)