Tips Memasang Foto Anak di Hari Pertama Sekolah

INFONAWACITA – Setelah melewati hari pertama sekolah, mungkin banyak orang tua yang memasang foto bersama anaknya di berbagai media online atau daring. Namun, ada banyak juga orang tua yang tidak sadar akan risiko ketika memasang foto anaknya di media daring.

Untuk itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memasang tersebut di media daring. Dengan demikian, anak bisa terhindar dari risiko kejahatan pedofilia, perundungan (bully), perampokan, pencurian identitas, penculikan dan lain sebagainya.

Pertama,  jangan memasang identitas lengkap, seperti nama, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon dan lain sebagainya. Kedua, orang tua perlu memperhatikan soal fitur geo-tagging atau penanda lokasi agar dimatikan.

Ketiga, jika ingin membagikan foto anak, sebaiknya dibatasi pada keluarga dan lingkungan terdekat yang dapat dipercaya. Keempat, jangan memasang foto anak yang memungkinkan dia mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan.

Kelima, pikirkan dari sisi anak, apakah dia akan senang dengan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih. Keenam, jangan memasang foto anak lain tanpa seizin orang tuanya.

Terakhir, ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati saat memasang foto anak. Semoga tips ini berguna bagi kita semua. [KG]