Tim Tabur 31.1 Kejaksaan Tangkap Buronan ke 86 di 2019

Foto: detakkaltim.com

INFONAWACITA.COM – Tim Intel Kejaksaan Agung (Kejagung) bekerjasama dengan Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Surabaya dan Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak berhasil mengamankan terpidana Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi di Apartemen Gunawangsa Tidar, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, (02/07/19) sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut keterangan resmi yang didapatkan Infonawacita.com, Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi, Pegawai PT. Soeegee telah menjadi buronan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI No. 3383/Pid.B/2017/PN tanggal 5 Februari 2018.

Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi terbukti melakukan penipuan dengan modus operandi bahwa terpidana menawarkan produk prioritas dan akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp.60.000.000 s.d Rp. 150.000.000 (enam puluh juta rupiah sampai dengan seratus lima puluh juta rupiah) sehingga kemudian saksi korban mentransfer dana sebesar Rp. 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah) dan secara bergantian terpidana melakukan trading dengan menggunakan dana milik saksi korban yang sebenarnya dalam melakukan trading harus dilakukan oleh saksi korban sebagai nasabah karena terpidana tidak memiliki sertifikat wakil pialang.

Keuntungan yang didapatkan Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi tidak pernah disampaikan kepada saksi korban karena produk prioritas sebagaimana yang ditawarkan para terdakwa tidak pernah ada dan uang sebesar Rp. 1.500.000.000 telah dihabiskan oleh Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi untuk melakukan trading tanpa seijin saksi korban.

Akibat perbuatannya yang mengakibatkan kerugian sebesar Rp. 1.500.000.000, terpidana divonis dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 8 (delapan) bulan karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Penipuan yang dilakukan secara bersama-sama.

Data terhimpun, Go Ka Chiang Candra Karunia Pribadi merupakan buronan ke-86 yg diamankan oleh Kejaksaan melalui Program Tangkap Buronan (Tabur) 31.1 di tahun 2019 ini.

Program Tabur 31.1 merupakan upaya Kejaksaan untuk meningkatkan optimalisasi penyelesaian perkara pidana melalui penangkapan buronan pelaku kejahatan baik tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus. Sebagai rekomendasi Rapat Kerja Kejaksaan Tahun 2017, ditetapkan target bagi 31 Kejaksaan Tinggi yang ada di seluruh Indonesia yaitu minimal 1 (satu) kegiatan pengamanan terhadap buronan kejahatan untuk setiap triwulan.

Melalui program Tabur 31.1 diharapkan dapat menyampaikan pesan kuat bahwa tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan.