Tim Robot UAD Raih Posisi Ketiga di FIRA Robo World Cup 2016

INFONAWACITA.COM – Tim Robot dari Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, menduduki peringkat ketiga dalam ajang kontes robot internasional FIRA Robo World Cup 2016 di Beijing, Tiongkok.

Tim Robot yang menggunakan nama “Lanange Jagad” ini, berlaga di kontes yang diselenggarakan pada pertengahan Desember lalu. Menurut Wakil Rektor III, UAD, Abdul Fadlil, di Yogyakarta, Rabu (11/1), Tim Lanage Jagad terdiri atas lima mahasiswa dan dua dosen pembimbing, meraih posisi ketiga untuk kategori wall climbing.
Lima mahasiswa berprestasi tersebut adalah Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir, serta dua dosen pembimbing yakni Abdul Fadlil dan Nuryono Setya Widodo. Mereka bersaing dengan tim dari sembilan negara, yaitu Tiongkok, Singapura, Malaysia, India, Kanada, dan Meksiko. Indonesia sendiri mengirimkan tiga tim yakni ITS, ITB, dan UAD.

Sementara itu, dosen pembimbing yaitu Nuryono Setya Widodo menambahkan, FIRA Robo World Cup sudah dimulai sejak tahun 1996. “Harapannya akan membantu menumbuhkan ketertarikan dalam bidang robotika di kalangan generasi muda,” kata dosen Teknik Elektro FTI UAD itu. Sedangkan Ketua Tim Lanange Jagad, Alfath Jumarianto, menjelaskan bahwa timnya telah berlatih dan mempersiapkan diri selama empat bulan.

FIRA Robo World Cup 2016 memperlombakan tujuh kategori, yaitu united soccer, weight lifting, wall climbing, sprint, marathon, lift and carry, serta long jump. Dalam kategori yang dimenangkan Tim Lanange Jagad, posisi satu diraih Tim Meksiko dan nomor dua adalah Tim Taiwan.(AR/ANT)