Tidak Suka Sayur? Coba Es Krim Sawi Buatan Mahasiswa Polije Ini

Inovasi Es Krim Sawi (foto: kompas.com)

INFONAWACITA.COM – Fenomena banyaknya anak-anak yang tidak menyukai sayur  dijadikan ide dan pengamatan bagi mahasiswa asal Politeknik Negeri Jember (Polije), Davidy Ali Wafa untuk membuat es krim sawi rendah lemak kaya nutrisi.

Davidy bersiasat menciptakan es krim dengan bahan dasar sayur sawi yang sehat dan enak untuk dikonsumsi anak-anak. Rasanya menyerupai kelezatan alpukat, tak kalah dari es krim lain.

Tak disangka, Es Krim Pakcoy Scremi-brand yang diciptakan Davidy dan kelompoknya-disambut hangat oleh anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar kampusnya di Jember.

“Kini kami sudah bermitra dengan salah satu SD di daerah Jember dan para petani sayur sawi lokal untuk memproduksi es krim tersebut. Saat ini es krim tersedia dalam bentuk cup berukuran kecil dan sedang. Ke depannya, kami ingin mengembangkan ke cup yang lebih besar,” ujar Davidy seperti yang dilansir dari kompas.com Rabu, (27/12).

Melalui pembuatan es krim sawi tersebut, Davidy pun berhasil menjadi salah satu penerima hibah Kompetensi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Inovasi bidang pertanian ala Davidy

Kiprah Davidy dalam berinovasi membuat berbagi karya dalam bidang pertanian ini mematahkan persepsi umum bahwa pertanian adalah bidang tradisional yang semakin ditinggalkan oleh generasi muda.

Sebaliknya, keterampilan dan keberanian perempuan muda itu untuk melakukan inovasi, menjadi inspirasi bagaimana praktik pertanian dapat diremajakan dan membuka gairah generasi muda untuk menekuni profesi ini.

Mengingat pentingnya pertanian sebagai garda ketahanan pangan bangsa, tidak heran sektor ini menjadi salah satu perhatian utama pengembangan pendidikan Politeknik di samping manufaktur, infrastruktur, pertambangan dan energi, serta pariwisata. (RA)