Terus Inovasi, Kemendagri Jadikan KTP-el sebagai Faktor Keamanan Transaksi Online

Ilustrasi KTP Elektronik. (Foto: dprd.surabaya.go.id)

INFONAWACITA.COM – Sesuai dengan intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berinovasi utamanya untuk urusan KTP-el. Perkembangan teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa meningkatkan pelayanan.

Salah satunya dengan bekerja sama dengan PT Espay Debit Indonesia Koe dan PT Emtek. Kerja sama ini terkait dengan uji coba pelayanan dompet digital melalui pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menandatangani kerjasama pada Jumat (13/7/2018) mengungkapkan pelayanan dompet digital yang memanfaatkan data kependudukan dan KTP el merupakan salah satu upaya Kemendagri untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat selama dua tahun terakhir ini.

“Ini bagian dari sebuah proses selama dua tahun terakhir saya bekerja,” kata Tjahjo.

Baca juga: Manfaatkan Data Biometrik di KTP Elektronik, Pemerintah Persingkat Buka Rekening Bank

Harus diakui lanjut Tjahjo, dalam dua tahun terakhir, terkait kinerja Kemendagri yang paling disorot adalah masalah KTP el. Karena itu ia selalu menekankan pada seluruh jajarannya, terutama Ditjen Dukcapil, agar permasalahan layanan KTP el jadi perhatian serius. Inovasi layanan harus terus dilakukan. Publik atau warga harus mendapat layanan terbaik.

“Inovasi yang dilakukan Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil adalah perekaman di luar negeri, jemput bola,” katanya seperti termuat dalam keterangan resmi.

Layanan dompet digital DANA merupakan sistem integrasi dengan data kependudukan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri. Integrasi data ini dilakukan untuk mendukung proses verifikasi bagi para pengguna DANA agar dapat dilakukan lebih cepat dan mudah. Dengan adanya integrasi ini keamanan dompet digital ini pun dipastikan terjamin.

“Kami EMTEK grup fokus pada kemajuan teknologi digital. faktor keamanan data digital pelanggann menjadi prioritas utama,” kata Yuslinda Nasution, Direktur PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk (EMTEK). (DS/yi)