Pemberantasan Pungli, Polda Metro Jaya Amankan 3 Bintara

INFONAWACITA.COM – Tim Direktorat Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya mengamankan 3 bintara dalam operasi pemberantasan pungutan liar pelayanan SIM keliling di enam lokasi berbeda, Rabu (13/10). Dalam operasi itu diamankan pula uang tunai Rp 12,153 juta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setyono mengatakan 3 bintara polisi yang diamankan melakukan pelanggaran prosedur standar operasional penerbitan SIM dengan melakukan manipulasi pemeriksaan kesehatan.

Menurut Kombes Awi, untuk pemeriksaan kesehatan mereka memungut biaya Rp 25 ribu, namun tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan. Tim Propam mendapati pungutan biaya kesehatan tapi tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, tenaga medis yang bertanggung jawab mengeluarkan surat keterangan kesehatan tidak berada di tempat dan digantikan orang yang tidak memiliki kompetensi.

Tiga polisi yang diamankan adalah Brigadir PM yang bertugas di pelayanan SIM keliling LTC Glodok, Jakarta Barat; Aiptu Y yang bertugas di pelayanan SIM keliling Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur; dan Bripda RS yang bertugas di gerai SIM Mall Taman Palem Cengkareng, Jakarta Barat.

Awi menegaskan, ketiga bintara Polri yang tertangkap akan dikenai sanksi administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri.

Ketiga bintara itu bakal dikenai sanksi teguran tertulis, penundaan waktu pendidikan, penundaan kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat, mutasi yang bersifat demosi, pembebasan jabatan, dan penahanan maksimal selama 21 hari.

Sebelumnya Kapolri Jend Tito Karnavian seusai meninjau operasi tangkap tangan di Kementerian Perhubungan mengingatkan komitmen pemerintah untuk memberantas praktik pungutan liar di semua lembaga negara dan instansi pemerintah, termasuk Kepolisian.

Dalam peringatan HUT Polisi Lalu Lintas beberapa waktu lalu, Kapolri secara khusus mengingatkan polisi lalu lintas agar menjauhi praktik pungli. (AK)