Target Indonesia di Perhelatan Kompetisi Sepakbola ASEAN dan Dunia

Sekretaris Jenderal Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria. (Foto: Facebook/Ratu Tisha).

INFONAWACITA.COM – Pada perhelatan tiga kompetisi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) nanti, Indonesia memberikan target ambisius. Melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Indonesia menargetkan juara di tiga kompetisi itu. Sepanjang tahun 2018, memang akan tergelar kompetisi Piala U-15 AFF, Piala U-18 AFF dan Piala Suzuki AFF.

“Kami ingin menjadi yang terbaik di tiga kompetisi itu. Sebabnya karena sesuai keputusan di kongres, Indonesia harus bisa menjadi timnas top di ASEAN,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Ratu kembali melanjutkan, target itu tidak berlaku bagi timnas Indonesia di turnamen AFF lainnya. Seperti Piala U-16 Putri AFF dan Piala Putri AFF.

“Kami tidak menargetkan juara di sini, karena timnasnya baru terbentuk,” ujarnya.

Tahun Tuan Rumah

Adapun di tahun 2018, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah tujuh turnamen AFF. Kecuali Piala Suzuki AFF.

Sepanjang tahun ini, bakal banyak ompetisi AFF yang digelar di Indonesia. Mulai dari Piala U-16 Putri AFF, Piala Putri AFF, Piala U-18 AFF, Piala U-15 AFF, Piala Futsal AFF, Piala Futsal Antar-Klub AFF dan Piala Sepak Bola Pantai AFF.

Selain kejuaraan AFF, Indonesia pun menempatkan tim nasionalnya. Khususnya di Piala Asia pada tahun 2018 yakni Timnas U-19 dan U-16.

Untuk ini, PSSI menargetkan timnas U-19 menjadi semifinalis Piala U-19 Asia yang digelar di Indonesia. Serta timnas U-16 merebut peringkat ketiga Piala U-16 Asia yang dilangsungkan di Malaysia.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini berada di posisi empat besar Piala U-19 dan U-16 Asia. Tentu saja ini akan membuat Indonesia lolos ke Piala Dunia U-20 serta U-17.

“Ini sudah diputuskan kongres,” tambah Ratu, seperti dikutip dari Antara pada Minggu (14/01).

Di luar yang disebutkan di atas, ada satu kompetisi yang juga diikuti tim nasional sepak bola putra dan putri Indonesia. Asian Games 2018, yang berlangsung di Tanah Air.

Di Pesta Olahraga Asia ini, Indonesia pemerintah menargetkan timnas putra berada di posisi empat besar. Sementara timnas putri tidak dibebankan target apapun.