Tak Hanya Jokowi, Inilah Pemimpin Dunia yang Gemar Bersosial Media

INFONAWACITA.COM – Sosial media telah mengubah cara berkomunikasi orang di dunia. Tak hanya masyarakat awam, sosial media telah menarik perhatian pemimpin dunia untuk menyampaikan pemikiran, mengkomunikasikan kebijakan, atau hanya sekadar mengunggah kegiatan sehari-hari mereka.

Presiden RI Joko Widodo termasuk salah satu pemimpin dunia yang aktif di sosial media. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga yang terakhir meluncurkan vlog di Youtube. Selain Presiden Jokowi, berikut sejumlah pemimpin dunia yang aktif bersosial media.

1. Justin Trudeau
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disebut-sebut sebagai politikus pertama yang punya Snapchat. Pada pertengahan Januari lalu, melalui Snapchat Live Stories, Trudeau melakukan tanya-jawab dengan warganya. Saat itu dia sedang mengadakan pertemuan di balaikota Ontario, Kanada. Trudeau juga aktif di Instagram, melalui akunnya @justinpjtrudeau, yang digunakan untuk mengunggah kegiatannya sehari-hari.

2. Narendra Modi
Perdana Menteri India Narendra Modi gemar berbagi pendapat di Twitter. Yang lebih serius, Modi menggunakan sosial medianya untuk mengumumkan kebijakan politik, menanggapi keluhan rakyat, hingga mengeluarkan siaran pers. Selain Twitter, Facebook dan Instagram menjadi pilihan Modi bersosial media. Namun, Modi juga bisa diintip di website profesi Linkedln.

3. Angela Merkel
Kanselir Jerman Angela Merkel juga termasuk yang aktif di sosial media, khususnya Instagram melalui akunnya @bundeskanzlerin. Aneka kegiatan Merkel diunggah di sana, yang fotonya merupakan bidikan fotografer resmi pemerintah Jerman.

4. Ratu Elizabeth II dan Royal Family
Kepo dengan kegiatan Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan Inggris? Ingin mengetahui aktivitas Pangeran William atau gaya busana Kate Middleton? Atau aksi-aksi Pangeran Harry saat bertemu warga? Silakan follow mereka dalam Instagram @theroyalfamily.

5. Donald Trump
Yang terakhir ini mungkin sudah banyak yang tahu aktivitasnya mencuit di Twitter. Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump adalah sosok yang sangat aktif di Twitternya @realDonaldTrump. Di sosial media inilah pemikirannya yang kontroversial, sindiran, hingga hujatannya ditumpahkan. Setelah resmi, Trump juga aktif mencuit di Twitter, lewat akun @POTUS. Cuitan Trump di akun @POTUS dikelola oleh asisten presiden sekaligus Direktur Media Sosial Gedung Putih dan Scavino Jr, namun cuitan itu ditulis oleh oleh Trump sendiri. (AR)