Tahun Ini, Pemkab Kapuas Hulu Kalbar Bertekad Bangun Enam Gedung Puskesmas di Wilayah Terpencil

Pemkab Kapuas Hulu akan bangun enam puskesmas tahun ini

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan membangun 6 gedung Puskesmas tahun ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kapuas Hulu, A.M, Nasir.

Ia mengatakan pada tahun 2019 pemerintah melalui dana alokasi khusus (DAK) dan reguler akan membangun 6 gedung Puskesmas di Kecamatan Suhaid, Semitau, Siberuang, Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Silat Hulu sampai Kecamatan Mentebah serta Kecamatan Kalis dengan anggaran sekitar Rp60 miliar.

“Pemerintah berusaha semaksimal mungkin dalam pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Nasir pada peresmian RSUD Semitau pada Rabu (23/1/2019).

Namun ia tidak memungkiri bahwa pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Memiliki keterbatasan. Karena itu, pihaknya tetap mengharapkan bantuan dari Kementerian Kesehatan dalam pembangunan kesehatan baik fisik maupun nonfisik.

“Saat ini kami tetap mengharapkan bantuan sarana prasarana Puskesmas di kecamatan daerah terpencil maupun sarana pelayanan,” ucap Nasir seperti yang diinformasikan dalam Sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan meningkatan rumah sakit bergerak Badau yang berada di kecamatan perbatasan. Tujuannya agar fasilitas pelayanan kesehatan tidak kalah dengan fasilitas pelayanan kesehatan milik negara tetangga, Malaysia.

Di samping itu, melalui DAK dari Kemenkes maupun dana alokasi umum dan reguler juga telah membangun 5 Puskesmas di daerah perbatasan yaitu Puskesmas Puring Kencana, pemerintah juga telah membangun 3 Puskesmas masing-masing di Kecamatan Jongkong, Putussibau Utara, dan Empanang.

“Hasil pembangunan Puskesmas itu telah dirasakan oleh masyarakat. Saat ini telah berdiri gedung Puskesmas yang megah lengkap dengan peralatan kesehatan. Dengan adanya gedung Puskesmas yang lebih representatif ini kita harapkan agar Puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu kepada masyarakat,” tandas Nasir.