Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup, Ini Solusi Dan Skenarionya

Kapolri, Jenderal Pol. Tito Karnavian saat hendak memasuki Sukhoi di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Biro Setpers).

INFONAWACITA.COM – Kapolri, Jenderal Pol. Tito Karnavian menyatakan, jalur Puncak di Bogor, Jawa Barat, akan ditutup. Penutupan itu untuk kendaraan pada waktu tertentu pada malam perayaan Tahun Baru 2018.

“Saya minta penekanan khusus di Puncak akan ditutup. Menjadi semacam Car Free Day,” kata Tito seperti dikutip dari Antara pada Kamis (28/12).

Tito mengatakan, penutupan dua arah jalur Puncak untuk kendaraan akan dilakukan mulai 31 Desember 2017. Mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB hari berikutnya. Dia juga mengimbau, warga yang akan melewati Puncak, melintas sebelum pukul 12.00 WIB. Tujuannya agar terhindar dari kemacetan lalu lintas.

“Karena pasti akan macet total,” katanya.

Skenario dan Solusi Penutupan Jalur Puncak

Petugas akan sepenuhnya melarang kendaraan dari Jakarta ke Puncak dan sebaliknya. Khusunya untuk melintas pukul pada 31 Desember pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari pukul 06.00 WIB.

Saat jalur ditutup, Tito menjelaskan, pemerintah daerah setempat akan menyediakan layanan bus. Khususnya bagi warga yang akan merayakan Tahun Baru di kawasan Puncak.

Mengenai upaya antisipasi kemungkinan terjadinya teror menjelang Tahun Baru, dia menyatakan, polisi telah menangkap sejumlah anggota jaringan teroris.

“Kita sudah menangkap, penegakan hukum dan pengamanan pada tempat wisata,” kata Tito.

Bukan hanya itu, pungkas Tito, pola pengamanan Natal juga akan diterapkan pada malam pergantian tahun.