Susi Akan Ubah Muara Baru Jadi Pelabuhan Modern

Foto : www.jpnn.com

INFONAWACITA – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana mengembangkan Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Muara Baru menjadi pelabuhan modern. Pelabuhan perikanan yang jauh dari kesan kumuh tanpa preman setara dengan Tsukiji Fish Market di Jepang.

Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti mengakui meski potensi Muara Baru besar luar biasa namun selama ini pemerintah tak mendapat apa-apa termasuk Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan juga Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Saya mau bikin Tsukiji di Indonesia supaya pasar ikan tertib dan jauh dari mafia serta kesan kumuh. Kita ingin kapal-kapal di sini tertib bongkar muat kemudian industri tertib,” kata Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu di Jakarta.

Susi berharap Perindo bakal bekerja sama dengan KKP membuat National Fisheries Center di masa mendatang. Tidak ada lagi pelabuhan perikanan kumuh dan mafia yang merajalela. Pemerintah, menurut Susi harus bisa mendapatkan pemasukan yang memadai dengan menciptakan aktivitas ekonomi di Muara Baru. Tata kelola TPI dan penjualan ikan harus didata sedemikian rupa mulai dari pendataan kapal hingga bongkar muat ikan.

Susi menyebut dirinya tak mau lagi mendengar pungli di pelabuhan lagi. Menurutnya, bukan zamannya lagi ikan keluar masuk tidak tercatat hanya karena yang kuat mampu bayar dan menguasai wilayah. “Perindo buat masterplan, selain masterplan tidak boleh dibangun,” kata Susi.

Susi juga menginginkan agar penangkapan ikan secara ilegal diberantas dengan menerapkan penangkapan ikan yang legal dan sesuai ketentuan hingga data-data mengenai jumlah kapal dan apa aktivitas mereka di laut akan diketahui. [TN]