Survei SMRC: Jokowi Berpotensi Balikkan Keadaan di Jabar, Diprediksi Menang di Pilpres 2019

Presiden Jokowi berdialog dengan seorang warga pada silaturahmi di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/6) siang. (Foto: JAY/Setkab.go.id)

INFONAWACITA.COM – Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menilai jika pada Pilpres 2019 mendatang Joko Widodo (Jokowi) bisa membalikkan keadaan di Jawa Barat.

Jokowi diprediksi akan unggul dari Prabowo Subianto di salah satu provinsi berpenduduk terbesar di Pulau Jawa itu. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan SMRC pada 22 Mei hingga 1 Juni 2018.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas menjelaskan jika pada hasil survei tersebut didapat ketertarikan masyarakat Jawa Barat untuk memilih Presiden Jokowi mencapai 41,8 persen untuk pertanyaan terbuka. Sedangkan untuk Prabowo hanya didukung oleh 30,7 persen masyarakat Jawa Barat.

Angka ini kata Sirojudin bertambah ketika memakai pertanyaan tertutup, ada 48,3 persen masyarakat Jawa Barat yang unggulkan Jokowi. Sedangkan Prabowo 37,8 persen.

“Jadi pemilu 2014 sudah kebalik sekarang, Jokowi sudah menangkan Jabar. Head to head 48,3 persen pilih Jokowi,” terangnya dalam pemaparan hasil survei di kantor SMRC, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Faktor Jokowi Unggul
Presiden Jokowi di Pondok Pesantren Darul Ma’arif, Indramayu, Jawa Barat, 7 Juni 2018. (BPMI)

Info terkait: Survei SMRC: Mayoritas Pendukung Sudirman Said Justru Akan Pilih Jokowi di Pilpres 2019

Menurut Sirojudin, keberpihakan masyarakat Jawa Barat kepada Presiden Jokowi saat ini tidak lain karena 3 hal, pertama yakni kinerja Presiden Jokowi yang sudah mulai terasa di Jawa Barat.

“Ada 3 faktor pertama dukungan publik pada kinerja Jokowi yang terus membaik dari tahun 2015, jadi publik terima Jokowi sebagai pemimpin yang bisa dipercaya,” ungkapnya.

Dua hal lain ialah kinerja Ppartai politik seperti PDIP dan koalisi pemerintah di Jawa Barat serta kemampuan tim Pilkada yang mengusung cagub-cagub di Jawa Barat. “Kalangan koalisi Jokowi untuk naikkan program Pilkada ke Pilpres 2019 dilihat tertangkap oleh pemilih Jabar,” imbuhnya.

Info terkait: SMRC: Bisa Jadi Ajakan Prabowo untuk Donasi Caleg Gerindra Hanya “Gimmick”

Pada Pilpres 2014 lalu, Jokowi memang kalah telak dengan Prabowo di Jawa Barat. Pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan suara 14.167.381 atau 59,78 persen. Sementara itu, pasangan Jokowi-JK mendapat suara 9.530.315 atau 40,22 persen. (DS/yi)