Sulut Ekspor Minyak Kelapa Kasar ke Amerika Serikat

ilustrasi minyak kelapa. foto: https://www.cosmomom.net

INFONAWACITA.COM – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor Crude Coconut Oil (CCO) atau minyak kelapa kasar ke Amerika Serikat pada akhir tahun 2017.

“CCO yang diekspor ke Amerika Serikat sebanyak tiga ribu ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 4,06 juta dolar AS,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Rabu (27/12).

Darwin mengatakan permintaan CCO dari Amerika cukup tinggi sehingga harus dijaga dengan baik oleh pengekspor di daerah.

“Permintaan CCO yang cukup tinggi ini dikarenakan kebutuhan jelang Natal dan Tahun Baru sangat banyak,” jelasnya.

Dia mengatakan Amerika Serikat merupakan salah satu negara utama ekspor CCO asal Sulut yang harus dipertahankan.

“Kita harus menjaga pasar tujuan utama ini agar tetap menjadi pasar potensial dan pengirimannya akan terus meningkat,” jelasnya.

Dia mengatakan pemerintah akan terus memfasilitasi agar CCO asal Sulut tetap menjadi andalan masyarakat di Amerika Serikat.

Ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi pengekspor Sulut, agar memanfaatkan kesempatan tersebut.

Realisasi ekspor produk turunan kelapa tersebut, semakin memperkuat eksistensi komoditas andalan Sulut tersebut di pasar negara maju itu.

Raup Devisa

Minyak kelapa kasar selama ini merupakan komoditas yang paling diandalkan Sulut dalam meraup devisa.

Tingginya ekspor CCO ke AS tersebut, karena komoditas tersebut ternyata selain diolah menjadi produk kebutuhan rumah tangga juga bahan bakar alternatif biofuel.

Selain itu, katanya, Sulut selama ini dikenal sebagai satu di antara pemasok minyak kelapa kasar cukup besar ke pasar dunia.

Dominasi CCO terhadap ekspor Sulut diperkirakan masih akan terus berlanjut, sebab sebagian besar pabrik tersebut membeli kopra dari petani untuk kemudian diolah menjadi CCO. (ANT/HG)