Stabilitas Harga Bahan Pokok Jadi Prioritas Mendag

Foto : antaranews.com

INFONAWACITA – Pemerintah akan memprioritaskan stabilisasi harga bahan pokok penting yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat. Bahan pokok penting yang menjadi prioritas itu adalah beras, gula, bawang merah, garam, dan daging sapi.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Presiden Joko Widodo meminta dirinya segera melakukan stabilisasi harga dalam waktu singkat. “Presiden RI Joko Widodo berpesan kebutuhan pokok itu harus menjadi prioritas,” kata Enggartiasto di Jakarta (27/7/2016).

Stabilisasi harga, lanjut Enggarsito tak bisa dilakukan sendiri tapi dengan menggandeng pelaku ekonomi untuk mendukung rencana tersebut. Pelaku usaha akan diajak dialog dalam upaya menurunkan dan stabilisasi harga.

Menurutnya, pengusaha akan mau diajak berbicara jangka panjang jika pemerintah memberikan jaminan keberlanjutan usaha. Tanpa jaminan untuk berusaha yang berkelanjutan, dikhawatirkan pelaku usaha akan lebih mengincar untung cepat dengan margin yang sangat tinggi. “Para pengusaha harus untung, keuntungan tidak harus terlalu besar tapi pelaku usaha mendapat jaminan kelanjutan berusaha,” kata Enggarsito.

Selain menggandeng pelaku usaha, pihaknya juga segera berkoordinasi dengan kementerian lain untuk mendapat gambaran data yang utuh untuk menentukan langkah berikutnya.

Selain memprioritaskan stabilisasi harga bahan pokok tersebut, Kemendag juga melakukan evaluasi program pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar rakyat yang merupakan Nawacita pemerintah.

Menurut Enggarsito, Presiden meminta untuk segera melihat dan melaporkan pembangunan pasar apakah benar sudah selesai semua. Dan jika belum harus dicari tahu apa penyebabnya keterlambatan itu. (TN)