Speedboat Pembawa 9 Wisatawan Hilang di Derawan

INFONAWACITA.COM – Sebuah speedboat yang membawa sembilan orang penumpang dilaporkan hilang dalam perjalanan menuju Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (22/4) sekitar pukul 21.30 Wita.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Operasional Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto di Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Minggu (23/4), mengutip laporan yang diperoleh dari Polres Berau.

Dijelaskan Octavianto, speedboat Pulri Fikri dengan cat warna putih bergaris biru hitam dengan mesin 200 PK dari Labuan Cermin menuju Pulau Derawan diduga kehabisan bahan bakar minyak (BMM). Speedboat ini membawa para penumpang yang akan berwisata.

Seorang saksi mata, Devid Efendi, menyatakan sebelum perjalanan salah seorang penumpang mengeluhkan kurangnya BBM sementara saat itu gelombang laut sedanng tinggi. Diperkirakan BBM tidak mencukupi hingga Pulau Derawan sebagai tujuan akhir. Lalu saksi meminjamkan BBM sebanyak 30 liter, namun dalam perjalanan tepatnya di perairan Malalungun speedboat Pulri Fikri ini buang jangkar karena mendapatkan informasi gelombang laut cukup tinggi. Saksi mata menyatakan mendapatkan permintaan untuk menarik speedboat tersebut, namun karena sama-sama kekurangan BBM permintaan itu tidak dipenuhi.

“Sekitar pukul 17.30 Wita speedboat hilang di perairan Karang Sapitan sebelum Boring,” imbuh Octavianto. Hingga saat ini aparat kepolisian dan nelayan setempat masih melakukan pencarian.(AR)