Soal Mobil Esemka, Cawapres Ma’ruf Amin: Oktober Diluncurkan dan Produksinya Besar-besaran

Capres Jokowi dan Cawapres Ma'ruf Amin peserta Pilpres dengan nomor urut 1.
Capres Jokowi dan Cawapres Ma'ruf Amin peserta Pilpres dengan nomor urut 1.

INFONAWACITA.COM – Kehadiran dan keberadaan mobil karya anak bangsa Esemka hingga saat ini kerap dipertanyakan. Bahkan kerap juga menjadi bahan penggiringan opini dan disinformasi berupa tudingan beraroma fitnah.

Jawaban itu akhirnya hadir dari Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menyebutkan bahwa mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober.

“Bulan Oktober akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran,” kata Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma’ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama.

“Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional, jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil,” katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

Kembangkan Mobil Asian

Ma’ruf Amin juga mengatakan, baru-baru ini ia berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Untuk mengembangkan mobil Asian.

“Dan kita bikin pasar Asia sebagai pasar yang dominan dikuasai, tidak tergantung pihak luar. Apalagi kalau bisa mengekspor ke luar,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, sumber daya manusia atau human capital dan human resource yang berkualitas perlu disiapkan. Sehingga bisa berkompetisi dan memiliki daya saing serta fighting spirit tinggi.

Ia menambahkan, membangun pasar Asia dapat menciptakan kemakmuran.

“Bagaimana membuat mobil Asian, yang bahannya ada yang dibikin di Indonesia, di Malaysia, atau di Vietnam. Kemudian kita pasarkan bersama, baik di lingkungan Asian atau di lingkungan dunia,” ujarnya, seperti dilansir dari tempo.co.

Dengan terwujudnya model kerja sama seperti itu, Ma’ruf meyakini masa depan yang sangat cerah bagi Indonesia.