Sihar Sitorus Jadi Cawagub Sumut Dampingi Djarot, Ini Kisahnya

Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus. (foto: merdeka.com)

INFONAWACITA.COM – Nama Sihar Sitorus sah diusung menjadi calon wakil gubernur Sumatera Utara menemani Djarot Saiful Hidayat untuk Pemilihan Gubernur 2018 nanti. Sihar merupakan sosok yang aktif dalam kampanye PDI Perjuangan sejak tahun 2014 khususnya ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan sebagai Presiden.

Seperti dikutip dari Kumparan.com pada Kamis (4/1/2018) Sihar menjadi Juru Kampanye Nasional di Pemilu 2014 dan ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu dari 120 tokoh-tokoh PDIP.

Bahkan, ia juga ditunjuk sebagai anggota tim kampanye Jokowi-JK bersama degan Sukardi Rinakit, Andreas Pareira, Arie Sumarmo, Arief Budimanta, Ady Prasetyono, Heri Achmadi, Ida Fauziah, M Prakosa, Muhtosim Arief, Musdah Mulia, Pataniari Siahaan, Rizal Sukma, Syaifullah Mashum, Sakti Wahyu Trenggono, dan Silverius Sonny.

Dipilihnya Sihar ini, kata Megawati Soekarnoputri, tidak lain karena ia merupakan sosok yang cukup berpendidikan.

Sihar sendiri saat ini menyandang gelar doktor dari Manchester Bussiness School. Sebelumnya, pria kelahiran 13 Juli 1968 tersebut pernah mengambil gelar S1 di bidang Science in Business Administration di University of Arizona, Amerika.

Lulus dalam waktu 4 tahun, Sihar langsung mengambil gelar master di bidang yang sama di Creighton University, Amerika. Seolah belum puas menuntut ilmu, tahun 1993 ia pun memutuskan mengambil program diploma di bidang ekonomi bisnis di Strathclyde University, Skotlandia. Baru, pada tahun 1998 ia mengambil gelar doktor masih di bidang administrasi bisnis di Manchester Business School, UK.

Peduli Sepak Bola Sumatera Utara

Sihar juga peduli dengan masa depan pemuda Sumatera Utara khususnya dalam dunia sepak bola.

Tercatat ia juga pernah menjadi ketua umum salah satu klub sepak bola di era keemasan PSMS Medan.

Kepedulian Sihar terhadap sepak bola bahkan membuatnya rela menggelontorkan dana cukup besar bagi tim kesayangannya. Sihar juga tercatat pernah mendirikan tiga klub sepakbola Medan Chiefs Deli Serdang, Pro Titan, dan Nusaina Fans Club yang ia bentuk sebagai bentuk keprihatinannya terhadap persepakbolaan dalam negeri.

Saat PSMS Medan berlaga di Indonesia Super League, Sihar bahkan tak segan mengeluarkan dana agar tim yang ia bangun bisa terus bertanding. Sihar pun kemudian dikenal sebagai satu dari sedikit pengusaha yang begitu cinta dan peduli dengan kemajuan sepak bola.

Di bidang sepakbola, Sihar juga pernah menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI yang sering muncul dengan ide-ide segar tekait sepakbola. Baginya, banyak bakat terpendam di rumput hijau dalam negeri yang sayang jika dibiarkan begitu saja tanpa ada yang mengembangkan. (*/DS/yi)