Seperti Sosok Bapak, Jokowi Benarkan Kopiah Anak Didik Santri

Presiden Joko Widodo bagikan sepeda di Pondok Pesantren Darunahdlatain Nahdlatul Wathan di Kabupaten Lombok Timur, Kamis (23/11 (foto: twitter @Setkab)

INFONAWACITA.COM – Satu hal yang khas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah selalu santai setiap berinteraksi dengan masyarakat saat ia blusukan. Ini kembali ia tunjukkan saat mengunjungi Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani, Lombok Timur.

Salah satu cuplikan video yang dibagikan warganet pada Kamis (23/11), Presiden Jokowi terlihat meminta salah seorang santri maju untuk menjawab sebuah kuis. Tentu saja kuis yang juga selama ini telah menjadi trade mark-nya itu.

Salah seorang santri, Yogi, maju untuk menyanggupi tantangan Jokowi. Keduanya tampak serasi dengan kopiah hitam masing-masing. Sementara Presiden Jokowi tampak memakai jas hitam dan sarung, sedangkan Yogi tampak memakai seragam khas Madrasah Tsanawiyah berwarna putih.

Menjadi lebih menarik, saat akun @MurtadhaOne membagikan potongan momen Presiden Jokowi yang tengah membenarkan kopiah Yogi.

“Dan begitu alaminya Pak Jokowi membetulkan kopiah santri ini spt bapak kpd anaknya,” cuitnya pada akun twitternya.

Dalam video, Jokowi memang tampak membenarkan kopiah Yogi saat tengah memperkenalkan diri.

“Coba perkenalkan namanya siapa,” pinta Jokowi.

Saat Jokowi membenarkan kopiah tersebut, beberapa suara santri lainnya pun menyoraki, “Ciyee…”.

Usai memperkenalkan diri, Jokowi pun menawarkan pertanyaan kepada Yogi.

“Mau nyebutin Pancasila atau Suku?” tanya Jokowi.

Pada Kamis (23/11) Presiden Jokowi memang dijadwalkan mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Beberapa agenda Presiden ialah mengunjungi pondok pesantren di daerah Lombok dan membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) yang dihelat di Masjid Raya Hubbul Wathan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (DS/zh)