Sepanjang 2017, Sebanyak 172 Terduga Teroris Ditangkap

Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – Potensi teror sepanjang tahun 2017 masih cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan ditangkapnya 172 terduga teroris sepanjangan tahun 2017, meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Demikian salah satu poin paparan Laparan Akhir Tahun Kinerja Polri, yang disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, akhir pekan kemarin.

“Terorisme, jumlah pelaku yang ditangkap meningkat, 172 tersangka terorisme yang ditangkap dibanding tahun lalu 163 tersangka,” kata Kapolri, dikutip dari liputan.6.com.

Menurut Kapolri, ada dua kemungkinan yang bisa menjelaskan peningkatan jumlah pelaku teror. Yang pertama adalah memang murni dari substansi niat pelaku teror itu sendiri.

Kedua, lantaran aktivitas penindakan yang intens dari jajaran kepolisian untuk melakukan penangkapan. “Saya lebih cenderung banyak penangkapan ini karena proaktif jajaran kepolisian lebih khusus Densus 88 yang kerja lebih giat dalam memonitor terorisme,” terang Kapolri.

Dari ke-172 pelaku teror itu, 10 orang telah menjalani vonis pengadilan, 76 lainnya dalam proses persidangan. Sebanyak 68 pelaku dalam penyidikan, 16 orang meninggal dunia dalam penegakan hukum, dan dua pelaku teror tewas saat melakukan aksinya.

Kapolri juga menambahkan, aksi terorisme bukan hanya menjadi perhatian Polri, melainkan juga isu internasional. Apalagi, setelah kemunculan kelompok ISIS. “Adalagi fenomena lone wolf yang teradikalisasi dari internet dan menyerang juga belajar dari internet. Oleh karena itu, Densus 88 diperkuat,” kata Kapolri.(AR)