Selama Libur Natal dan Tahun Baru 3,8 Ribu Faskes Siap Layani Masyarakat

Ilustrasi posko kesehatan Kemenkes (foto: tribun)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selama libur Natal dan Tahun Baru 2018 telah menyiapkan sekitar 3.854 Fasilitas Kesehatan untuk melayani pasien dengan rincian antara lain 2.228 Puskesmas, 374 Rumah Sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 132 Public Safety Center (PSC), dan 913 Pos Kesehatan.

Khusus untuk pos kesehatan telah dipersiapkan sejak tanggal Jumat, (22/12) hingga Selasa, (2/1) 2018 mendatang. Pos kesehatan ini disebar diberbagi titik seperti di rest area, terminal, pelabuhan laut dan juga bandara.

Secara bersamaan Kemenkes telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jasa Marga, Jasa Raharja dan juga Dinas Kesehatan setempat, terkait kesiapan Faskes.

“Pos kesehatan ini sifatnya tidak permanen, hanya untuk pertolongan pertama saja. Ketika pada saat di Pos Kesehatan terdapat pemudik yang memerlukan pertolongan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut terdekat” tulis Kemenkes melalui rilis sehatnya dalam sehatnegeriku.kemkes.go.id Kamis, (28/12).

Jaga tubuh tetap fit

Melalui rilis itu pula Kemenkes memberi imbauan agar masyarakat yang melakukan perjalanan untuk tetap menjaga tubuh tetap fit.

“Masyarakat diimbau untuk istirahat setiap 4 jam. Imbauan ini juga berlaku untuk pengemudi. Cari tempat istirahat atau rest area, dan usahakan mengambil beberapa waktu untuk istirahat atau tidur, minimal 15-30 menit. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan,” imbaunya.

Kepada para pengemudi juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa penumpang. Bila lelah maka perlu istirahat hingga kondisi tubuh dinyatakan sudah fit untuk melakukan aktifitas kembali. Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota mengkoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi di terminal atau PO bus keberangkatan. (RA)