Sektor Perikanan Berlimpah, Kawasan Ini Fokus Kembangkan Potensi

Presiden Jokowi saat melakukan blusukan di Pasar Gudang Lampung (11/2/2016). (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden/Cahyo).

INFONAWACITA.COM – Memiliki potensi melimpah perikanan di wilayahnya, pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), fokus mengembangkan sektor tersebut. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bombana, Sarif mengatakan, sektor perikanan menjadi salah satu sektor andalan di daerah itu. Terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi perikanan tangkap dan perikanan budidaya di Bombana sangat luar biasa. Letak Bombana yang diapit oleh teluk Bone kemudian Selat Tiworo, menjadi kawasan menjanjikan untuk perikanan tangkap,” jelasnya.

Sementara untuk perikanan budidaya yang dikembangkan masyarakat, kata Sarif, adalah budidaya perikanan tambak. Berupa ikan bandeng , ikan nila, rumput laut, kepiting dan udang.

Tak Hanya Bagi Warga Lokal

Menurutnya, hasil perikanan dari Bombana tidak hanya untuk dikonsumsi bagi warga lokal atau untuk kebutuhan warga Bombana saja. Tapi juga ikut memenuhi beberapa kabupaten lain.

“Banyak hasil perikanan Bombana yang dikirim ke ibukota provinsi. Bahkan diantarpulaukan ke luar Sultra,” ungkapnya.

Pemerintah, jelas Sarif, terus mendorong nelayan. Untuk meningkatkan produksi perikanan. Baik itu perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

“Bahkan kami telah memberikan bantuan mobil pendingin. Bersumber dari Kementerian kelautan dan Perikanan kepada kelompok nelayan. Untuk mendukung usaha nelayan yang akan mengirim ikan keluar daerah,” tutupnya, seperti dikutip dari Antara pada Minggu (4/2/2018).