Sejumlah Proyek Ini Disiapkan untuk Tampung Dana Tax Amnesty

Proyek Jalan Tol

INFONAWACITA – Untuk menampung dana repatriasi hasil dari pengampunan pajak, pemerintah menyiapkan sejumlah proyek infrastruktur. Antara lain dana itu, kata Menteri BUMN Rini Soemarno, akan digunakan untuk membiayai proyek Jalan Tol Bali.

Penawaran proyek itu, kata Rini, bisa melalui BUMN atau bekerja sama dengan berbagi saham 50 persen. Proyek lainnya yang akan disiapkan menampung dana itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Pesanggrahan yang dikelola oleh PT PLN (Persero).

PT Pertamina juga akan kebagian karena sedang mengerjakan sejumlah proyek minyak dan gas. Itu sebabnya, Pertamina akan mengeluarkan surat utang berdenominasi valuta asing, terutama guna menyerap dana repatriasi dalam bentuk dolar AS.

Rini menyambut baik program pengampunan pajak untuk mendorong pembangunan perekonomian dan program pemerintah. Program pengampunan pajak memberikan kesempatan bagi semua wajib pajak dari seluruh kalangan baik karyawan maupun pengusaha untuk mendapatkan penghapusan atas pokok pajak terutang, sanksi administrasi perpajakan, dan sanksi pidana di bidang perpajakan. [KG]