Sejumlah Kelompok Masyarakat Madani Ikut Amankan Perayaan Natal

Ilustrasi (Foto: Antara)

INFONAWACITA.COM – Selain aparat kepolisian, badan pemerintah lain dan kelompok masyarakat madani, termasuk dari unsur Nahdlatul Ulama (NU) akan ikuti mengamankan perayaan Natal. Jumlahnya diperkirakan mencapai 70.000 lebih petugas.

Salah satu kelompok masyarakat madani adalah GP Ansor yang merupakan unsur pemuda NU. Anggota GP Ansor akan ikut mengamankan perayaan malam Natal.

“Kalau saudara-saudari kami yang merayakan Natal membutuhkan, untuk menjaga keamanan mereka beribadah, kami akan membantu,” kata Yaqut Chiolil Qoumas, Ketua GP Ansor kepada kantor berita Reuters, seperti dikutip dari BBCIndonesia, Sabtu (23/12).

Sementara itu juru bicara Polri Martinus Sitompul mengatakan tidak ada ancaman teror yang terdeteksi hingga kini, termasuk terkait penangkapan-penangkapan sejumlah orang di berbagai daerah. Namun pengamanan akan diperketat di gereja-gereja dan tempat-tempat umum antara 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

“Kami akan tetap memonitor dan tetap awas”, kata Martinus kepada kantor berita AFP. Dalam pernyataan Kapolri sebelumnya, sebanyak 20 orang terduga teroris telah ditangkap.(AR)