Seedstars World kembali digelar di Indonesia

INFONAWACITA – Seedstars World, kompetisi global bagi startup yang berada pada tahap awal di negara berkembang, kembali digelar di Indonesia.

Ajang ini telah diselenggarakan sejak tahun lalu dan tahun ini Jakarta menjadi pemberhentian kelima dari rangkaian Tur Regional Asia Seedstar World 2015.

“Ekosistem enterpreneurship di Indonesia tumbuh pesat. Kami melihat benih-benih yang ada di Indonesia di mana banyak sekali startup yang mulai tumbuh,” kata Karen Mok, Asia Regional Manager Seedstars World, di Jakarta, Minggu.

“Untuk itu, kami ingin melihat lebih banyak cerita sukses sehingga nantinya mereka dapat berkontribusi untuk ekosistem itu sendiri,” sambung dia.

Berbeda dari negara lainnya, Mok melihat startup Indonesia memiliki keunikan tersendiri di mana startup-startup Indonesia lebih berusaha memecahkan masalah lokal.

Tidak hanya itu, tim startup juga terbentuk dari orang-orang lokal.

Mok menjelaskan kriteria startup untuk mengikuti kompetisi Seedstar World adalah startup berusia kurang dari dua tahun sejak hari didirikan, memiliki investasi kurang dari 500.000 dolar AS dan memiliki kemungkinan untuk MVP, serta mampu memberikan solusi untuk isu-isu regional serta mengembangkan produk-produk menguntungkan bagi pasar global.

Tahun ini Seedstars World memperluas kompetisi di lebih dari 55 negara atau lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 36 negara.

Semua pemenang regional dari berbagai negara akan diundang ke Swiss di mana mereka akan kembali berkompetisi untuk tahap terakhir pada Maret 2016 di sana.

Para pemenang regional akan berlomba untuk memenangkan hadiah investasi sebesar 500.000 dolar AS.

Dua tambahan hadiah sebesar 500.000 dolar AS telah ditambahkan dengan adanya penambahan jalur untuk industri travel dan fintech (financial technology) yang menjadi fokus Seedstars World tahun ini, sehingga total hadiah investasi adalah 1,5 juta dolar AS.

Sebelas startup terbaik yang terseleksi untuk berkompetisi pada tahap terakhir untuk tingkat regional antara lain Bus in Time, Flip, iGrow, MyInfoDiskon, Kakatu, Komuter, Ovula, Pikavia, ProSehat, Teman Jalan dan 100Integrity.

ProSehat menjadi pemenang Seedstars World Jakarta tahun ini yang selanjutnya akan berkompetisi secara global untuk mendapatkan pendanaan.

ProSehat adalah marketplace yang membantu pasien/ konsumen untuk memudahkan mereka mencari dan membeli obat dengan resep online dan isi ulang secara berlangganan.

Sementara itu, pemenang Seedstars World Jakarta tahun lalu, eFishery, startup yang memproduksi alat pemberi makan ikan secara otomatis untuk segala jenis ikan dan udang dari Bandung, belum lama ini berhasil mendapatkan pendanaan pre-series A dan siap untuk dikembangkan di Indonesia.