Satu Lagi Bandara, Dipastikan Rampung 2019 Mendatang

Menhub Budi Karya Sumadi. (foto: Detak.co)

INFONAWACITA.COM – Satu lagi Bandara dipastikan akan rampung pada tahun 2019. Bandara yang terletak di di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini dipercaya akan memicu pariwisata negeri di atas awan itu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung lokasi pembangunan Bandara Buntu Kunik Rabu (12/9/2018).

“Kita melihat Toraja ini sebagai destinasi wisata yang luar biasa dan kita tahu bahwa wisata itu menjadi suatu andalan untuk perekonomian nasional. Oleh karenanya kita berkomitmen menyelesaikan (pembangunan bandara) ini 2019 jadi dua tahun anggaran, yakni pada tahun ini dan tahun depan,” kata Menhub seperti termuat dalam keterangan resminya.

Untuk itu Menhub menyebut Kementerian Perhubungan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 milyar untuk menyelesaikan pembangunan Bandara Buntu Kunik.

“Anggaran yang kita siapkan adalah kurang lebih Rp 500 milyar dalam tahun anggaran ini jadi memang kita konsentrasi Buntu Kunik ini akan selesai di akhir 2019,” ucap Menhub.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub Pemerintah Daerah juga akan berpartisipasi dalam pembangunan Bandara Buntu Kunik dengan membangun akses jalan masuk. Terkait hal ini Menhub mengaku telah berbicara dengan Gubernur Sulawesi Selatan dan Bupati Tana Toraja.

Selain membangun bandara Menhub juga berencana akan memberikan subsidi terhadap harga tiket pesawat. Ini dilakukan untuk lebih menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke Tana Toraja.

“Nanti kita akan panggil lagi maskapai Wings Air, kita akan tetapkan subsidi dari Pemda berapa, dari Pemerintah Pusat berapa. Tapi yang penting adalah jaminan penumpang tidak mungkin swasta itu ke suatu tempat mereka rugi. Jadi nanti subsidi dari kita, jaminan (penumpang) dari bupati,” ujarnya.