Samsung Umumkan Hasil Penyelidikan Terbakarnya Galaxy Note 7

INFONAWACITA.COM – Kasus terbakarnya sejumlah Galaxy Note 7 yang mengemuka beberapa waktu lalu, telah diselidiki oleh Samsung Electronics Co Ltd. Hasil penyelidikan menyebutkan, baterai lithium-ion yang menjadi penyebab handset tersebut terbakar.

Kasus terbakarnya Samsung sempat menjadi viral di sosial media, menyusul kemudian pelarangan membawa handset itu dalam sejumlah penerbangan dunia. Kepala Bisnis Mobile Samsung, Koh Dong-jin kembali menyampaikan permohonan maaf, dalam konferensi pers hasil penyelidikan, di Seoul, Senin (23/1) waktu setempat.

Baterai lithium-ion yang digunakan Galaxy Note 7 menjadi penyebab utama handset, sehingga Samsung menarik perangkat tersebut dalam skala global. “Kami benar-benar minta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata  Dong-jin, seperti dilansir The Guardian.

Samsung menyatakan telah menguji 10.000 unit perangkat dan baterai untuk mengetahui penyebab kebakaran, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Casing baterai disebut terlalu kecil, sehingga menyebabkan korsleting yang menimbulkan percikan api. Samsung lalu mencoba mengganti baterai dari pabrik berbeda, namun tetap terbakar.

Lebih dari 700 insinyur dan peneliti dilibatkan untk melakukan pengetesan 20.000 Galaxy Note yang telah dirakit sempurna dan lebih dari 300.000 baterai. Masalah paling utama di baterai lithium-ion yang digunakan Note 7 keluaran pertama berasal dari struktur dalam, yaitu susunan elektroda positif dan negatif.(AR/*)