Sampah Perayaan Tahun Baru di Ibukota Capai 225 Ton

INFONAWACITA.COM – Pesta telah usai. Kini Pemerintah DKI Jakarta harus bekerja keras untuk membersihkan sampah pascaperayaan Tahun Baru 2017. Sebanyak 225 ton sampai dari beberapa lokasi di Ibukota harus segera ditangani.

“Total sampah diperkirakan sebanyak 225 ton dan ini belum termasuk sampah di Ancol karena sampai pagi tadi mereka sedang bersih-bersih. Bahkan melibatkan pengunjung. Dari 225 ton itu, sekitar 80 persen sampah anorganik ,” ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/1). Sampah anorganik yang dibersihkan berupa plastik kemasan, sterofoam, kertas serta sisa-sisa terompet.

Isnawa menuturkan sampah anorganik selain dibuang ke Bantargebang juga disalurkan ke bank-bank sampah kebersihan di tiap kecamatan. “Petugas saya minta juga bersihkan sampah-sampah yang ada di pot dan taman-taman,” kata dia.

Mulai pukul 00.30, sebanyak 6.000 PHL pasukan orange dinas kebersihan langsung melakukan giat pembersihan sampah di semua jalur dan titik konsentrasi massa di malam pergantian tahun baru 2017. Sebanyak 70 truk sampah dan truk compactor dikerahkan, termasuk 40 roadsweeper, 11 bus toilet, 200 gerobak motor serta 30 pickup lintas. Fokus pembersihan di antaranya bundaran HI, Medan Merdeka, Tugu Tani, Kemayoran, Monas, Kawasan Kota Tua, Imam Bonjol, Kembangan dan TMII.

Pembersihan Kawasan Kota Tua sempat terkendala masih banyaknya warga yang menikmati malam pergantian tahun hingga menjelang pagi. “Kendala pembersihan sampah disebabkan oleh banyaknya gerobak PKL serta parkir motor dan mobil yang menutup badan jalan sehingga menyulitkan pembersihan sampah,” ujar Isnawa.(AR/ANT)