Saksikan Video Kisah Atlet #AsianParaGames2018 Ini, Warganet Mewek

Laura Aurelia Dinda saat diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara. (Foto: kagama.co)
Laura Aurelia Dinda saat diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara. (Foto: kagama.co)

INFONAWACITA.COM – Mendadak warganet mewek usai menyaksikan video yang mengisahkan sekelumit perjalanan hidup dari Laura Aurelia Dinda. Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini merupakan salah satu pahlawan negara di bidang olahraga yang bakal bersiap untuk mengharumkan Indonesia di Asian Para Games 2018 nanti.

“Perkenalkan ini Laura Aurelia Dinda, penyumbang medali emas pertama untuk kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2017. Sejak terjatuh di kamar mandi, Laura berenang “tanpa kaki”. Mewek waktu ibunya cerita, “Anakku! Ternyata anakku bisa!”,” tulis penggiat sosial Gie Wahyudi melalui akun media sosialnya seperti dikutip pada Selasa (11/9/2018).

Dari video yang diunggah itu, Laura mengungkapkan perjalanan hidupnya. Ia memaparkan, dulu ia pernah jatuh sehingga akhirnya mesti menggunakan kursi roda.

“Sempat drop banget. Namanya atlet, biasa bergerak, tapi harus di kamar selama tujuh bulan. Saya depresi,” kata Laura.

Bukan itu saja, menurut Ibunda dari Laura, anaknya itu bahkan nyaris hendak melakukan perbuatan yang tidak patut.

“Dulu sempat mau bunuh diri,” ungkap Ibunda Laura.

Tapi kemudian, atas ajakan teman-temannya serta dukungan orang tuanya, Laura akhirnya bergabung dengan atlet Para Lympics. Hasilnya, medali emas berhasil diraih oleh Laura saat Asean Para Games 2017.

Laura sukses menyabet emas dengan catatan waktu tercepat 1 menit 30.27 detik di nomor 100 meter gaya bebas kelas S6. Capaian yang diraih mahasiswa angkatan 2017 ini sekaligus menjadikannya sebagai atlet pertama yang mendapat medali emas dalam pesta olahraga atlet difabel se-Asia Tenggara pada bulan September 2017 lalu.

Tidak hanya itu, Laura juga berhasil memecahkan rekor ASEAN Para Games di nomor yang sama sepanjang sejarah penyelenggaraan pesta olahraga ini. Sebelumnya, catatan waktu tercepat dipegang oleh perenang dari Thailand, yakni Thongbai Chaiswas dalam waktu 1 menit 30.77 detik pada tahun 2011.

Laura yang kelahiran Pekanbaru, 22 September 1999, mengaku sempat merasa takut dan cemas saat perlombaan akan dimulai. Ada rasa khawatir tidak mampu berenang dan menyelesaikan kompetisi.

Tanggapan Warganet

Menyaksikan video perjuangan Laura, warganet banyak yang mengaku terharu. Ungkapan rasa bangga juga terlontar atas perjuangan Laura demi nama Indonesia.

“Video-video atlet Paragames ini akan lebih menguras air mata. Masya Allah mereka luar biasa. Malu banget ama diri sendiri yg cuma bisa ngeluh,” tulis pemilik akun Eva Sumiyarni.

“Dalam keterbatasannya dia dimampukan untuk menghasilkan yang tak terbatas, terus semangat buat Laura untuk raih prestasi,” ujar pemilik akun Dewi Basuki.

“Aku mewek nontonnya. Aku malu keseringan ngeluh. Sukses terus Laura,” kata pemilik akun bernama Hesty.

Berikut Video Lengkap Laura Aurelia Dinda: