Saat Presiden Jokowi Mencoba Berbahasa Batak

Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelipkan kalimat-kalimat dalam sejumlah bahasa daerah Toba saat meresmikan Bandara Internasional Silangit, Jumat (24/11).

“Bukka ma pittu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hopal habang internasional,” kata Presiden yang berarti siapkan diri untuk berubah karena sudah tersedia lapangan terbang internasional.

Presiden Jokowi terlihat sangat tertarik dengan budaya Batak. Apalagi saat ini putrinya, Kahiyang Ayu juga disunting oleh pemuda Batak, Bobby Nasution. Kahiyang mendapatkan marga Siregar.

Beberapa waktu lalu, dikabarkan tokoh-tokoh di Batak juga akan memberikan marga khusus kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk penghormatan. Tak heran bila kemudian Jokowi juga tertarik berbahasa Batak saat peresmian Bandara Internasional Silangit.

Turut hadir dalam acara peresmian Bandara Silangit tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.(AR)