Saat Polisi, Tokoh, Masyarakat dan TNI Sulap Tempat Angker Jadi Wisata Edukasi

INFONAWACITA.COM – Dengan modal kreatifitas, inovasi mampu menghadirkan perubahan atas banyak hal. Salah satunya Bukit Alam Sundawangi, di kawasan hutan Gunung Walat, Kampung Sindangresmi, Desa Karangtengah, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini dulunya dikenal sebagai lokasi yang cukup angker. Cerita tentang kereta kencana dari Kerajaan Pajajaran membumi dan telah menjadi legenda urban warga setempat.

Lokasi bukit ini berada di sekitar jalan besar, batu-batu besar berjejer menjadi petunjuk arah menuju bukit tersebut. Tapi kemudian, di tangan Brigadir Sandi Praja, anggota Bhabinkantibmas Polsek Cibadak, Resor Sukabumi–lokasi itu kini disulap menjadi sebuah lokasi wisata edukasi.

“Bersama tokoh dan masyarakat serta rekan TNI lokasi itu kami rombak total. Kami tempatkan beberapa bale. Kemudian sejumlah tempat kami buatkan bambu yang berada di ujung bukit untuk tempat swafoto,” kata Sandi.

Di salah satu bale, dibuat sebuah rak khusus tempat menyimpan beragam buku bacaan. Lokasi yang sejuk dengan terpaan angin sepoi-sepoi, membuat siapapun yang belajar dan membaca semakin betah untuk berlama-lama di tempat itu. Sandi menyebut ada 1000 buku yang terkoleksi di rak itu.

“Bagi masyarakat, mempercayai tempat ini sebagai bagian dari tempat sakral atau keramat. Kita rubah cara berpikirnya, bagaimana bisa menghargai alamnya, mencintai lingkungannya dengan cara lain. Kesan kesakralan tetap terjaga sebagai bagian dari kearifan lokal warga. Tapi sisi lainnya, bagaimana tempat ini bisa banyak dikunjungi oleh wisatawan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki ke warga setempat,” beber Sandi.

Brigadir Sandi Praja, anggota Bhabinkantibmas Polsek Cibadak, Resor Sukabumi menyulap lokasi ini menjadi sebuah lokasi wisata edukasi bersama tokoh, masyarakat, dan TNI. (Foto: detik.com/Syahdan Alamsyah)
Brigadir Sandi Praja, anggota Bhabinkantibmas Polsek Cibadak, Resor Sukabumi menyulap lokasi ini menjadi sebuah lokasi wisata edukasi bersama tokoh, masyarakat, dan TNI. (Foto: detik.com/Syahdan Alamsyah)
Angkat Perekonomian Warga

Saat ini Bukit Alam Sundawangi banyak didatangi oleh warga setempat untuk dijadikan lokasi swafoto. Selain tempatnya yang indah dengan hamparan pohon hijau terlihat membentang dari atas bukit, lokasi ini juga cocok dikunjungi oleh mereka yang mencari ketenangan. Bahkan Vloger yang menyebut diri mereka Like Earth Project (LEP), juga membeberkan keindahan itu lewat video mereka.

“Harapan saya perekonomian warga terangkat karena lokasi wisata mandiri ini dikelola secara mandiri oleh warga,” harap polisi yang juga menggerakkan program satu bulan satu kebaikan tersebut.

Sementara itu, Juliyanto (47) warga setempat membenarkan lokasi yang saat ini dijadikan tempat wisata edukasi dulunya memang dikenal angker.

“Kalau dulu terkenal angker, ya sebenarnya sampai sekarang juga kalau kawenehan (kebetulan) melihat iring-iringan kereta kencana dan pasukan pajajaran pasti ngelihat. Tapi sekarang tempatnya sudah bagus dan terurus. Kalau dulu seram banyak semak belukar,” tuturnya, seperti dikutip dari detik.com.