Saat Kepala Staf Kepresidenan Bertemu Fadli Zon, Hal Ini yang Dibicarakan

Staf Kepresidenan Moeldoko berbincang dengan politisi dari oposisi pemerintah Fadli Zon saat bertemu di Georgia Senin (16/7/2018)

INFONAWACITA.COM – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berbincang hangat dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Keduanya membahas situasi politik yang semakin menghangat menjelang tahun demokrasi pada 2019 mendatang.

Perbincangan ini terjadi di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Open Government Partnership 2018 di Tbilisi, Georgia pada Selasa lalu. Pada pertemuan yang berlangsung santai dan akrab ini, Kepala Staf Kepresidenan dan Wakil Ketua DPR saling bertukar informasi terkait dengan berbagai inspirasi yang didapat dari praktik politik di Georgia, baik di sisi eksekutif maupun legislatif. Obrolan itu juga dibarengi dengan kelakar-kelakar ringan.

Tak lupa, Moeldoko dan Fadli Zon juga sempat membahas situasi politik dalam negeri. Terutama terkait dinamika perbedaan pendapat di masyarakat yang makin menghangat jelang tahun demokrasi 2019.

“Sepanjang pada batas wajar berdemokrasi, situasi ini dipandang sehat dan kami yakin tak menyebabkan perpecahan,” kata Moeldoko seperti termuat dalam keterangan resmi yang diterima Infonawacita.com Rabu (18/7/2018) malam.

Moeldoko memaparkan, kondisi seperti ini menjadi indikasi bahwa masyarakat mulai berani mengambil posisi atas pandangan politik yang merupakan bagian penting dari proses pendewasaan bernegara.

Dalam berbagai kesempatan di depan kelompok-kelompok masyarakat, Moeldoko selalu mengingatkan dan mengulang pesan Presiden Jokowi, jangan sampai perbedaan politik dalam pilkada, pemilihan presiden, dan pemilihan anggota legislatif merusak persaudaraan di antara sesama anak bangsa. Bangsa Indonesia sudah menunjukkan bahwa pilkada serentak pada tahun 2018 yang dilaksanakan di 171 wilayah tingkat I dan tingkat II dapat berjalan dengan damai dan relatif tanpa gejolak berarti.

Seperti diketahui, Fadli Zon sendiri merupakan politisi Gerindra salah satu partai oposisi pemerintah. Tidak jarang, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra itu tidak jarang melontarkan kritik pedas pada pemerintahan Presiden Jokowi. (DS/yi)