Ridwan Kamil: Siswa Juga akan Dijamin Disalurkan Bekerja atau Berwirausaha di Industri Kopi

Sekolah vokasional inisiatif Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Instagram/Ridwan Kamil)
Sekolah vokasional inisiatif Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Instagram/Ridwan Kamil)

INFONAWACITA.COM – Berbagai inovasi selalu hadir di era pemerintahan Jokowi – JK. Salah satunya bentuk konkret dari sekolah vokasional yang hadir di kawasan Jawa Barat.

Hal itu kembali terungkap saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah kabar mengenai sekolah vokasional dengan spesialisasi di bidang industri kopi.

“WEST JAVA COFFEE SCHOOL. Bersama Kemenko Perekonomian, Pemprov Jawa Barat akan memulai inisiatif hadirnya Sekolah Kopi,” tulis Ridwan Kamil, seperti dikutip dari akun resmi media sosialnya pada Sabtu (29/9/2018).

Ridwan Kamil melanjutkan, salah satu hal lain dari inisiatif itu termasuk juga untuk kembali ke sejarah provinsi Jawa Barat di masa lalu.

“Agar Jawa Barat kembali menjadi propinsi kopi terbaik dunia lagi seperti era kolonial dulu. Ada lebih dari 20 brand kopi produksi gunung-gunung di Jawa Barat,” lanjut Ridwan Kamil.

Bukan hanya sekadar sekolah saja, Ridwan Kamil menambahkan juga sambil melontarkan guyon khasnya, para siswa dijamin disalurkan bekerja atau berwirausaha di industri kopi.

“Di sekolah Kopi ini para siswa juga akan dijamin disalurkan bekerja atau berwirausaha di industri kopi. Lulusannya akan lulus sebagai petani, pedagang, pengekspor, roaster, barista, baperista (pembuat kopi yg baperan) atau pemilik gerai kopi. (*atau usaha foto kopi),” tambah Ridwan Kamil.

“Sekolah pertama ada di Sumedang bekerja sama dengan SMK PPN Tanjung Sari Sumedang. AYO PADA DAFTAAAR,” jelas Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, pemerintahan Jokowi – JK memang memiliki inovasi khususnya dalam menghadapi sekaligus mempersiapkan anak-anak bangsa dalam menghadapi masa depan. Bentuknya mulai dari sekolah vokasional hingga berbagai pelatihan bersertifikasi di balai latihan kerja Kementerian Ketenagakerjaan di berbagai wilayah.

Ini tentu saja sebagai langkah tanggungjawab negara agar tunas-tunas bangsa mampu menghadapi tantangan masa depan, salah satunya, perdagangan bebas dunia juga revolusi industri 4.0.

 

View this post on Instagram

 

WEST JAVA COFFEE ā˜•ļø SCHOOL. Bersama Kemenko Perekonomian @perekonomianri , Pemprov Jawa Barat akan memulai inisiatif hadirnya Sekolah Kopi. Agar Jawa Barat kembali menjadi propinsi kopi terbaik dunia lagi seperti era kolonial dulu. Ada lebih dari 20 brand kopi produksi gunung-gunung di Jawa Barat. Di sekolah Kopi ini Para siswa juga akan dijamin disalurkan bekerja atau berwirausaha di industri kopi. Lulusannya akan lulus sebagai petani, pedagang, pengekspor, roaster, barista, baperista (pembuat kopi yg baperan) atau pemilik gerai kopi. (*atau usaha foto kopi šŸ˜€) Sekolah pertama ada di Sumedang bekerja sama dengan SMK PPN Tanjung Sari Sumedang. AYO PADA DAFTAAAR. #JABARJUARA

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on