Rela Begadang, Pemilik Rental Mobil Banjir Order Tamu Pernikahan Kahiyang

Ilustrasi (Foto: Tribunnews.com)

INFONAWACITA.COM – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar membawa berkah bagi usaha ekonomi daerah. Salah satunya adalah para pengusaha rental mobil. Mereka kewalahan melayani permintaan rental mobil dari para tamu undangan pernikahan Kahiyang Ayu.

Oky Orlando misalnya. Pemilik rental mobil Goedang Transport ini hingga Senin (6/11) kemarin telah mengeluarkan 53 mobilnya untuk disewa. Mayoritas mobil yang dirental bersegmen menengah ke atas seperti Toyota Alphard, Toyota Fortuner, Toyota Vellfire, Toyota Camry, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang Innova, dan lain-lain.

“Hari ini saja ada penambahan pesanan tiga Toyota Alphard. Sebagian armada saya datangkan dari teman perental mobil dari luar kota. Soalnya armada saya di Solo jelas tidak mampu memenuhi kebutuhan permintaan. Saya sampai tidak tidur tiga hari melayani pesanan,” kata Oky, seperti dilansir Solopos.com, Selasa (7/11).

Oky menambahkan, permintaan berlipat ganda pada momentum ini. Tarif rental pun dia naikkan 100 persen. Oky menambahkan para perental mobil di Goedang Transport itu dari sejumlah instansi seperti Kemenhub, Kemenpar, Kemenkes, Pemprov Lombok, BNPT, Polda Jateng, Polda DIY, Polda Kaltim, dan lain-lain.

Rata-rata penyewa memesan dua hingga empat hari. “Para sopir bawaan dari luar kota saya off-kan karena mayoritas enggak tahu jalan di Solo. Semua sopir berasal dari Solo. Saya enggak berani ambil risiko memakai sopir dari luar Solo yang enggak tahu tempat wisata dan kuliner di Solo. Tidak menutup kemungkinan para tamu ingin jalan-jalan dan berwisata kuliner,” tambahnya.

Terpisah, General Manager PT Sekar Gelora Taksi selaku operator Gelora Taksi, Taka Ditya, mengatakan sejak Minggu-Selasa (5-7/11/2017) lonjakan permintaan taksi hampir mencapai 100 persen. Para sopir taksi minimal menerima 20 order dalam sehari selama beberapa hari ini.

Manajemen Gelora Taksi sampai tidak menerima booking taksi karena tingginya order. “Pemesanan taksi langsung memesan lewat telepon hunting, sopir, atau aplikasi Grab dan Gocar. Seluruh armada sebanyak 230 unit telah kami persiapkan,” kata dia.(AR)