Reformasi Polri Berhasil, Tito Tekan Jumlah Pelanggaran Anggota

NTMC Polri

INFONAWACITA.COM – Reformasi Polri yang sedang diupayakan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dapat dikatakan hampir menuju keberhasilan. Hal ini lantaran pengaduan masyarakat pada tahun 2017 ini menurun dibanding tahun 2016.

Seperti dikutip dari Kompas.com pada Minggu (31/12) Tito mengatakan, sepanjang 2017, jumlah pengaduan yang masuk sebanyak 2.249 laporan. Sebanyak 872 di antaranya berkadar pengawasan. Sekitar 74 persennya, berkaitan dengan penyidikan tindak pidana.

“Karena mungkin anggotanya yang kurang profesional. Bisa juga karena sudah profesional tapi anggota masyarakat yang melaporkan karena memang (Polri) tidak bisa menyenangkan semua pihak,” kata Tito.

Selebihnya, berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang sebesar 6 persen dan pelanggaran hukum sebesar 5 persen.

Selain itu kata Tito, penurunan angka pengaduan juga berbanding lurus dengan penurunan angka penindakan anggota yang melakukan pelanggaran. Tahun lalu, jumlah pelanggaran disiplin sebanyak 6.662 kasus. Tahun ini mengalami penurunan menjadi 5.067 kasus. Dari jumlah tersebut telah diproses 2.663 kasus atau 52 persen.

Diikuti dengan pelanggaran kode etik profesi sebanyak 1.671 kasus pada 2016 dan turun menjadi 749 kasus.

222 Anggota diberhentikan

“Dari jumlah tersebut telah disidangkan seluruhnya dan 222 orang dikeluarkan tidak dengan hormat,” kata Tito.

Sebanyak 222 orang tersebut terdiri dari 197 orang berpangkat Brigadir Polisi, Tamtama sebanyak empat orang, perwira pertama sebanyak 13 orang, dan perwira menengah sebanyak delapan orang.

Penindakan tegas ini kata Tito, merupakan langkah upaya dari janjinya ketika dilantik 2016 lalu untuk bisa melakukan reformasi di tubuh Polri sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo.

“Ini juga untuk menunjukkan sikap ketegasan dan konsistensi bahwa Polri pun ini bertindak tegas kepada anggota-anggota yang melanggar, karena pengawasan yang terbaik adalah pengawasan internal bukan eksternal,” kata Tito.

Menurut data Kompolnas, jumlah pengaduan masyarakat kepada Kompolnas pun menurun. Di mana pada tahun 2016, Kompolnas menerima 3.103 laporan terkait kinerja Polri. Tahun ini mengalami penurunan menjadi 3.085 laporan.(DS)