Referensi Kuliner: 5 Menu Ikan yang Cocok dengan Ketupat Lebaran

Gulai ikan (oto: cookpad)

INFONAWACITA.COM – Sejak Indonesia aktif menjaga kedaulatan laut tingkat produksi ikan tangkap pun meningkat drastis. Misalnya saja pada data Januari 2018 tercatat total produksi perikanan tangkap mencapai 7,67 juta ton, atau setara Rp 158 triliun sepanjang tahun 2017.

Angka itu meningkat dibanding total produksi perikanan pada 2016 yang sebesar 6,54 juta ton atau senilai Rp 121 triliun. Kabar baik itupun bisa menjadi peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mencari alternatif menu lebaran misalnya saja dengan mengganti menu daging menjadi menu ikan.

Berikut Infonawacita.com rangkum 5 menu ikan yang cocok untuk dihidangkan dengan ketupat lebaran.

1.Gulai Kakap
Foto: okezone.com

Berkuah santan membuat gulai kakap cocok untuk dihidangkan dengan ketupat. Tidak kalah dengan opor ayam, gulai kakap juga cocok dikombinasikan dengan kentang balado di saat lebaran. Teksturnya yang sama-sama gurih menjadi alternatif lain selain gulai ayam atau opor ayam.

2.Sop Ikan
Foto: Cookpad

Makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia ini juga dirasa cocok untuk menemani menu lebaran. Makanan ini juga bisa jadi alternatif bagi penderita kolestrol karena tidak mengandung santan dan lemak jahat. Sop ikan yang berkuah juga cocok disajikan dengan ketupat dan hidangan lebaran lainnya.

Sup ikan khas Manado mudah membuatnya untuk hidangan buka puasa. (Dok: Pewarta Ekbis)

3.Rica-rica Ikan Cakalang
Foto: Selerasa.com

Rica-rica ikan cakalang bisa jadi alternatif sebagai pengganti kentang balado yang selalu hadir di meja makan saat lebaran. Rasanya yang sama-sama pedas membuat rica-rica ikan cakalang cocok dikombinasikan dengan makanan bersantan lainnya. Makanan khas Manado ini juga dinilai jauh lebih sehat dari kentang ati balado karena rendah lemak dan kolestrol.

4.Ikan Acar Kuning
(foto: cookpad)

Ikan acar juga sangat lezat jika dipadupadankan dengan ketupat lebaran. Terdapat timun dan wortel serta rasanya yang sedikit asam segar menambah semangat makan saat idul fitri.

5.Ikan Asam Padeh
Foto: Youtube

Menu khas Sumatera Barat ini memiliki rasa sedikit asam tapi segar. Kuahnya yang berwarna merah juga sangat menggugah jika dipadu padankan dengan ketupat lebaran. (DS/yi)