Puting Beliung Terjang Jember, Satu Tewas & Ratusan Rumah Rusak

INFONAWACITA.COM – Ratusan rumah rusak dan seorang warga meninggal setelah puting beliung menerjang beberapa desa di Jember, Jawa Timur, Kamis (5/1). Jumlah korban luka berat dan ringan mencapai belasan warga.

Puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Peristiwa terjadi Kamis sore yang diawali dengan hujan deras, menyusul kemudian angin kencang. Seorang warga bernama Musia, 60, meninggal akibat tertimpa reruntuhan rumah. Beberapa warga mengalami patah tulang, robek kepala, hingga gegar otak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo di Kecamatan Pakusari, Jumat (6/1), mengungkapkan pada Jumat ini kembali dua rumah warga roboh setelah pada Kamis kemarin kondisi bangunan sudah miring. “Tim sukarelawan BPBD Jember sudah melakukan pendataan terhadap korban angin puting beliung di empat desa di Kecamatan Pakusari yakni Desa Pakusari, Desa Subo, Desa Jatian, dan Desa Sumberpinang,” kata Heru.

Berdasarkan data BPBD Jember mencatat kerusakan terparah berada di Desa Pakusari sebanyak 25 rumah roboh dan 240 rumah rusak sedang hingga ringan, Desa Jatian tercatat sebanyak satu rumah rusak berat, empat rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan. Selanjutnya di Desa Subo tercatat sebanyak dua rumah rusak berat dan di Desa Sumberpinang sebanyak lima rumah rusak ringan. Bantuan makanan sudah diberikan kepada para korban. Sejumlah warga juga berinisiatif membuka dapur umum, dengan bantuan logistik dari Dinas Sosial dan BPBD.

Selain di Kecamatan Pakusari, lanjut Heru, angin puting beliung juga menerjang di Kecamatan Sumbersari, Silo, dan Mayang, namun sebagian besar kerusakannnya kategori ringan. Hingga Jumat siang tercatat total jumlah rumah yang rusak akibat angin puting beliung di Kecamatan Pakusari dan Sumbersari sebanyak 292 rumah dan 25 rumah di antaranya rata dengan tanah atau roboh di Desa Pakusari.(AR/ANT)