Pusri Salurkan 1,3 Juta Ton Pupuk Bersubsidi

Ilustrasi (foto: Kompas/Bahana Patria Gupta)

INFONAWACITA.COM – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menyalurkan pupuk bersubsidi mencapai 1,3 juta ton atau sesuai dengan alokasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Sesuai wilayah pemasaran kami, antara lain Sumsel, Jambi, Lampung, Kalimantan dan Jawa Tengah. Distribusi yang dominan di wilayah Jateng,” kata Direktur Utama PT Pusri Palembang Mulyono Prawiro , Minggu (24/12), dikutip dari bisnis.com.

Ditambahkan Mulyono, untuk wilayah Sumsel saja, penyaluran urea mencapai 170.000 ton. Sebagian besar di antaranya terserap di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang merupakan sentra pertanian padi di provinsi itu.

Perusahaan juga telah menyalurkan pupuk NPK untuk mendukung pertanian di Tanah Air. Bahkan, realisasi penyalurannya telah melampaui alokasi karena tingginya permintaan pasar.

“Awalnya alokasi NPK sebanyak 80.000 ton, tapi ditambah 5.000 ton lagi sehingga realisasi mencapai 85.000 ton,” ujarnya.

Mulyono melanjutkan selama 58 tahun, perseroan telah memberikan kontribusi serta mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan. Menurutnya, pada akhir 2017 perusahaan juga telah merealisasikan salah satu proyek strategis yakni pembangunan pabrik NPK Fusion II dengan kapasitas desain sebesar 2×100.000 ton per tahun. Kehadiran pabrik tersebut diharapkan dapat membuat perusahaan lebih kompetitif dan sustainable.

Tahun ini, Pusri juga sudah meluncurkan inovasi yaitu Mantri Tani dan klinik tani yang diharapkan dapat membantu petani yang mengalami kesulitan dalam bidang pertanian.(AR)