Produk Kesehatan Dalam Negeri Siap Tembus Pasar Afrika Barat

foto: okezone.com

INFONAWACITA.COM – Produk kesehatan produksi dalam negeri mengincar pasar Afrika Barat melalui partisipasi Indonesia dalam Medic West Africa & Medlab West Africa Exhibition (MWA), pameran alat-alat dan produk kesehatan terbesar di Afrika Barat.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos Nino W. Setiawan di Jakarta, Rabu (8/11), mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menggenjot peningkatan ekspor ke Nigeria dan kawasan Afrika Barat.

Pameran MWA digelar pada 11-13 Oktober 2017 di Landmark Center, Water Corporation Road, Victoria Island, Lagos, Nigeria.

“MWA merupakan sarana promosi produk peralatan farmasi dan medis Indonesia. Selain itu, pameran ini merupakan ajang pertemuan antara produsen peralatan farmasi dan medis Indonesia dengan konsumen di Nigeria dan Afrika Barat,” kata Nino dalam keterangan tertulis.

Pada pameran tersebut, ITPC Lagos memfasilitasi empat perusahaan Indonesia. Perusahan-perusahaan tersebut adalah PT PIM Pharmaceutical, PT Kimia Farma, PT Dexa Medica dan PT Tempo Scan Pasific Indonesia.

“Para peserta pameran asal Indonesia ini mendapatkan tempat seluas 18 meter persegi, fasilitas booth, penjemputan atau transportasi, kunjungan pasar, dan penginapan menggunakan tarif khusus ITPC Lagos,” kata Nino.

Eksibitor Yang Terlibat

MWA menghadirkan sekitar 280 eksibitor lokal maupun internasional yang berasal lebih dari 25 negara.

Beberapa negara tersebut antara lain adalah Afrika Selatan, Benin, Belanda, Brasil, China, Finlandia, Kanada, Korea Selatan, Mesir, Prancis, Jerman dan lainnya.

Dengan berpartisipasi pada pameran tersebut, produk-produk peralatan farmasi dan medis dari Indonesia memiliki peluang mendapatkan buyer atau distributor.

Selain itu, para eksportir Indonesia diharapkan dapat terus mengembangkan produknya dan masuk ke pasar Nigeria serta Afrika Barat.

Pameran yang diselenggarakan Informa Life Sciences Exhibitions ini diperkirakan dikunjungi lebih dari 4200 orang.

Transaksi Potensial Total transaksi potensial yang berhasil diperoleh Indonesia dalam pameran ini mencapai 1,05 juta dolar AS.

“Promosi yang berkesinambungan akan semakin membuat masyarakat Afrika Barat mengenal dan paham atas kualitas produk dari Indonesia. Produk peralatan farmasi dan medis Indonesia tidak kalah dari produk-produk negara lain,” pungkas Nino. (ANT/HG)